1. BANDUNG
  2. PARIWISATA

Kehadiran dua ekor bayi binturong jadi keluarga baru di Bandung Zoo

"Kami masih belum berani memegang kedua bayi ini soalnya binturong ini hewan yang enggak suka kalau ada yang megang anaknya".

induk bayi binturong. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 12 Juli 2018 14:18

Merdeka.com, Bandung - Dua ekor bayi binturong lahir dengan selamat di Bandung Zoo. Dengan begitu, Bandung Zoo memiliki dua keluarga baru. Bayi binturong hadir dari induk binturong milik Bandung Zoo yang berusia sekitar 20 tahun.

Kurator Bandung Zoo, Panji Ahmad Fauzan mengatakan, bayi binturong lahir pada 4 Juni 2017 lalu. Meski telah berusia lebih dari satu bulan, jenis kelamin kedua bayi ini masih belum diketahui.

"Kami masih belum berani memegang kedua bayi ini soalnya binturong ini hewan yang enggak suka kalau ada yang megang anaknya. Jadi, nanti disaat kita yakin induknya enggak akan marah, baru kita cek kesehatan dan jenis kelamin bayi binturongnya," ujar Panji kepada Merdeka Bandung, Kamis (12/7).

Panji menjelaskan, sifat induk binturong memang terbilang protektif. Di mana ia tak pernah suka bila sang buah hati tersentuh oleh tangan manusia. Untuk itu, jenis kelamin bayi binturong akan diketahui sekitar tiga hingga enam bulan.

Ini untuk ketiga kalinya induk bayi binturong berusia sekitar 20 tahunan itu melahirkan. Proses melahirkan pertama berlangsung pada Juli 2017, lalu Desember 2017, dan ini kali ketiga dirinya melahirkan.

"Hingga saat ini kami masih biarkan bayi binturong bersama induknya dikandang utama. Kondisi induk dan bayi terlihat sehat. Sekarang masih menyusui pada induknya, diusia tiga bulan bayi binturong akan diberi telur ayam rebus dan makanan pendamping lainnya," katanya.

(ES/AA)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA