1. BANDUNG
  2. KULINER

Bukan cuma ngopi, di sini kamu juga bisa belajar soal kopi dan intip pabriknya

"Keunikan pertama hadir ketika kita memasuki ruangan yang disekat menggunakan rak stoples biji kopi yang rapi," kata Bunga.

Kafe Ubnormal. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 06 Juli 2018 10:53

Merdeka.com, Bandung -  

Pernah merasakan sensasi menyeruput segelas kopi di sebuah kafe dengan sederet informasi lengkap perihal kopi? Cobalah datang ke Upnormal Coffee Roastery. Bukan hanya itu, di sana juga bisa mengintip pabrik kopinya. Kafe di Jalan Cihampelas ini menawarkan sensasi ngopi yang sangat berbeda.

Namanya Upnormal Coffe Roasters. Di sini sejak awal masuk Anda akan disambut dengan sebuah ruangan yang di setiap sudutnya berisi informasi soal kopi. Bukan hanya informasi soal kopi secara luas, namun lebih mendetail, di sini Anda bisa belajar soal kopi Gayo Aceh yang begitu tersohor.

Media Relations CRP Group, Bunga Prima Merlyansa, mengatakan Upnormal Coffee Roasters ini hadir dengan konsep baru yakni mempelajari dan menikmati kopi.

"Keunikan pertama hadir ketika kita memasuki ruangan yang disekat menggunakan rak stoples biji kopi yang rapi. Pada bagian kiri ruangan ini, terdapat layar besar yang menayangkan informasi tentang bagaimana perjalanan Upnormal menemukan biji kopi arabika Indonesia terbaik," ujar Bunga kepada Merdeka Bandung, Kamis (5/7).

Kata Bunga, atmosfer edukasi juga semakin terasa ketika pengunjung menoleh ke arah kanan ruangan ini, karena terdapat ornamen segi enam yang memiliki dua sisi putar berisikan gambar serta penjelasan tentang bagaimana buah kopi dipanen dan proses-proses selanjutnya.

Beranjak ke area tengah, gerai Upnormal ke 79 ini menghadirkan sebuah bar yang memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan barista. Pelanggan dapat mengkonsultasikan kopi dengan karakteristik seperti apa yang diinginkan. Ada kopi dengan teknik pembuatan manual (Syphon, V60, Kalita Wave, dan Cold Brew) dan ada pula kopi espresso based dengan pilihan menu dan biji kopi yang lebih variatif seperti Gayo Aceh, Ciwidey, House Blend, Cocoa Blend, dan Sweet Bend.

Masih di area yang sama, terdapat private room yang cocok digunakan untuk meeting dan kegiatan-kegiatan khusus lainnya.

Dengan kapasitas 20 orang, ruangan ini tampak sangat nyaman dan instagramable. Konsep baru yang diusung Upnormal Coffee Roasters ke delapan ini memang berbeda dari gerai-gerai terdahulu. Soalnya, terdapat area khusus penjualan merchandise khas Upnormal.

Mengunjungi kedai Upnormal Coffee Roasters Cihampelas ini seperti berada dalam sebuah tur karena setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda. Pada bagian lantai tiga terdapat aula yang digunakan Upnormal Coffee Roasters untuk menyelenggarakan coffee class.

"Kelas kopi ini terdiri dari pemaparan materi tentang biji kopi, coffee cupping, dan kegiatan edukasi lainnya yang dapat disusun sesuai dengan permintaan komunitas antusias kopi," ujarnya menjelaskan.

(MT/AA)
  1. Kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA