1. BANDUNG
  2. KULINER

Besok, festival citarasa Prancis digelar serentak di 10 kota

Para juru masak berbakat di berbagai negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis.

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Selasa, 20 Maret 2018 12:30

Merdeka.com, Bandung - Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia bekerja sama dengan Badan Pariwisata Prancis Atout France menggelar rangkaian acara festival internasional cita rasa Prancis Good France.

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar secara serentak, Rabu (21/3) di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Manado dan Minahasa.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean Charles Berthonnet mengatakan, besok para juru masak berbakat di berbagai negara akan menyajikan hidangan yang mencerminkan keunikan dan keberagaman cita rasa Prancis.

"Good France menjadi momentum untuk mengapresiasi gastronomi Prancis yang menjadi warisan budaya dunia sekaligus mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yaitu semangat berbagi dan kebersamaan," ujar Jean dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung, Selasa (20/3).

Sebagai warisan budaya dan identitas mereka, masyarakat Prancis mengganggap tradisi gastronomi sebagai elemen penting.

Tradisi makan-makan tersebut telah lama menjadi praktik sosial yang biasa mereka lakukan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup, seperti pernikahan dan ulang tahun. Praktik tersebut mempererat hubungan antar individu, baik teman maupun keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan.

Pada perayaan tahun ini, Good France mengangkat kekayaan kuliner kawasan barat daya Prancis yaitu Nouvelle-Aquitaine. Kawasan pertanian terpenting di Prancis tersebut terkenal dengan kekayaan tanahnya, penghasil produk kuliner khas Prancis yang ternama seperti foie gras, magret de canard du Sud-Ouest, cabai Espelette, mentega Charentes-Poitou, kerang Oleron dan stroberi Perigord.

"Kawasan Nouvelle-Aquitaine juga terkenal sebagai penghasil minuman anggur terbesar dunia seperti Saint-Emilion, Chateau Margaux, Medoc dan Bordelais. Produk-produk, citarasa dan kekhasan kawasan Nouvelle-Aquitaine akan menjadi inspirasi bagi para chef dan restoran partisipan dalam menyiapkan menu yang akan disajikan sepanjang festival," paparnya.

Di Indonesia, Good France yang digelar untuk keempat kalinya ini akan hadir di 10 kota dengan total 39 restoran partisipan dengan konsep variatif, bistro, kontemporer dan haute gastronomie yang menawarkan menu beragam.

Di Bandung, empat restoran yaitu Fresco-Hilton Bandung, Oopen Restauant IBIS Bandung Trans Studio, Chep’Nike Kue Manis dan Vermont turut memeriahkan perayaan citarasa Prancis dengan suguhan istimewa.

(MH/AA)
  1. Makanan Barat
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA