1. BANDUNG
  2. KULINER

Baso Aci Neng Geulis Yang Enak dan Praktis Kini Menyebar di Seluruh Kota

"Saya bikin sekitar 50 sampai 100 kemasan, habis cuma dalam waktu dua atau tiga harian gitu," ujar Rika.

Baso Aci Neng Geulis. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 14 Januari 2019 10:49

Merdeka.com, Bandung - Dikala hujan mengguyur, menyantap makanan berkuah akan terasa nikmat. Apalagi ditambah citarasa pedas dan sedikit asam, dijamin menggugah selera. Terlintas untuk menyantap apa? Coba saja baso aci.

Beberapa tahun belakangan, pamoritas kuliner yang satu ini tengah melejit. Agaknya juga akan menjadi hal yang matching menyantap baso aci nan hangat di tengah cuaca dingin kala hujan mengguyur kota.

Salah satu baso aci yang tenar di Kota Kembang adalah baso aci Neng Geulis atau kerap disingkat Bacineng. Hadir sejak dua tahun lalu, baso aci ini dijual dalam kemasan yang praktis. Jadi, Anda bisa memasaknya kapanpun Anda mau.

Pemilik baso aci Neng Geulis, Rika Yulianti mengatakan, kehadiran ide menciptakan Bacineng ini berawal dari dirinya yang merupakan penggemar baso aci. Saat bepergian keluar kota, ia yang selalu ingin menyantap sesuatu yang hangat dan pedas namun praktis. Maka terciptalah baso aci ini.

"Ide pertamanya karena saya suka baso aci terus pengen bikin yang instan. Nyoba buat sendiri dan iseng-iseng saya jual ke teman-teman. Ternyata laku. Saya bikin sekitar 50 sampai 100 kemasan, habis cuma dalam waktu dua atau tiga harian gitu," ujar Rika kepada Merdeka Bandung saat ditemui dikediamannya, Senin (14/1).

Penjualan baso aci yang laris manis membuat Rika mencoba menjualnya terus. Semakin hari penjualan meningkat. Hingga akhirnya ia penjualan semakin meningkat tajam kala ia mengendorse salah seorang selebgram Tanah Air.

"Pas endorse salah seorang selebgram, di situ penjualannya meningkat tajam. Yang awalnya semua saya kerjakan sendiri, semakin banyaknya pesanan saya enggak sanggup. Makanya mulai rekrut karyawan. Kalau dulu semuanyanya sendirian, mulai produksi sampai jadi admin instagram juga," papar dia.

Bermula dari sekedar iseng-iseng, Baso Aci Neng Geulis kini laris manis. Dalam sehari saja produk terjual bisa mencapai 1.000 hingga 1.200 kemasan. Rika mengaku untuk baso aci nya dibuat di Garut, sedangkan untuk pengemasan dilakukan dikediamannya.

"Mulai jualan iseng-isengnya pas April 2016, membludak bangetnya awal tahun 2017. Dari situ mulai sedikit-sedikit rekrut karyawan," jelas ibu dua anak ini.

Banyaknya orang yang menyukai baso aci Neng Geulis ini membuat penjualannya sudah menyebar hampir ke seluruh kota di Tanah Air. Bahkan, Rika sudah memiliki 24 agen di 24 kota. Mulai dari Jakarta, Solo, Makassar, hingga Papua.

Baso Aci Neng Geulis kini memiliki enam varian yakni Bacineng Lucu, Bacineng Manja, Bacineng cantik, Siomay, Parcel, dan Pentol. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Salah satu varian paling favorit adalah Bacineng Manja. Ini merupakan varian dengan isian paling lengkap. Untuk isiannya terdiri dari baso aci isi daging, baso aci isi kacang, sukro cikur, batagor siomay, cabai kering, bumbu jeruk, dan minyak bawang.

Cara penyajian baso aci ini terbilang mudah yakni Anda hanya perlu merebus baso aci dengan air yang telah mendidih. Setelah cukup matang, angkat baso dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tuangkan air panas sebagai kuahnya. Lalu masukan bumbu-bumbu yang tersedia.

"Produk ini bisa tahan tujuh hari dalam suhu ruangan dan 14 hari suhu freezer. Kalau memang mau disimpan dulu mending disimpan di freezer saja biar tahan lama. Kalau mau kan tinggal dimasak saja," tuturnya.

Tak hanya menjualnya dalam kemasan praktis, baso aci Neng Geulis pun sudah memiliki sebuah kedai di Jalan LLRE Martadinata. Jadi, bagi Anda yang ingin menyantap langsung baso aci bisa langsung datang ke kedainya.

Bagi Anda yang ingin membeli produk ini juga bisa melakukan secara online dengan mengunjungi laman instagram baso aci Neng Geulis atau langsung datang ke tempat produksiannya di Jalan Ahmad Yani, Gang Slamet.

(ES/AA)
  1. Kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA