1. BANDUNG
  2. KOMUNITAS

Rasa peduli, EIGER gelar kursus dasar gunung dan hutan di Gunung Kareumbi

"Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi sangat memenuhi syarat sebagai arena pelatihan gunung hutan".

Galih Donikara. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Minggu, 15 Juli 2018 10:32

Merdeka.com, Bandung - Kawasan Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi, Kabupaten Garut dipilih menjdi lokasi gelaran EIGER Adventure Service Team (EAST) pada 15 hingga 22 Juli 2018 mendatang. Lokasi tersebut dipilih karena sesuai dengan kegiatan yang rutin yakni Mountain and Jungle Course (MJC).

Kegiatan kursus dasar gunung dan hutan ini secara rutin diselenggarakan sejak 2002 silam. Hadirnya kegiatan ini merupakan bentuk dari rasa peduli EIGER kepada para pecinta alam bebas dan petualangan yang diwujudkan dalam bentuk memberikan edukasi mengenai pengetahuan berkegiatan alam bebas yang aman dan tentu saja nyaman.

Koordinator EAST sekaligus penanggung jawab MJC 2018, Galih Donikara mengatakan, materi yang akan disampaikan kepada peserta meliputi etika di alam bebas, perencanaan perjalanan, perlengkapan dan perbekalan, navigasi medan, teknik dan praktek survival, hingga pertolongan pertama gawat darurat.

"Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi sangat memenuhi syarat sebagai arena pelatihan gunung hutan, karena mempunyai semua kelengkapan alam yang menarik dan menantang," ujar Galih kepada Merdeka Bandung, belum lama ini.

Dalam kegiatan ini, papar Galih, peserta akan berhadapan langsung alam bebas dengan segala tantangan dan resikonya.

"Kami berharap dengan rutinnya menyelenggarakan MJC tiap tahunnya bagi para pecinta kegiatan petualangan alam bebas makin sadar pentingnya kelengkapan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan," kata dia.

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh anggota organisasi pecinta alam atau organisasi umum lainnya baik itu instansi pemerintah, umum, dan perorangan.

"Kami juga berharap setiap peserta dapat menerapkan keterampilan khusus, kecerdasan, serta data juang tinggi untuk menghadapi kegiatan petualangan yang memiliki resiko tinggi apabila tidak dipersiapkan dengan baik," katanya.

 

(ES/AA)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA