1. BANDUNG
  2. KOMUNITAS

Cleanup in Peace & Diversity, semangat persatuan menjaga Indonesia

Kebaikan jika dikerjakan bersama-sama akan lebih ringan tanpa membangun sekat-sekat perbedaan.

Cleanup in Peace & Diversity. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Minggu, 28 Oktober 2018 11:42

Merdeka.com, Bandung - Berbagai rangkaian event diadakan menyambut Sumpah Pemuda 2018. Cleanup in Peace & Diversity
menjadi salah satu event yang juga digelorakan oleh pemuda lintas iman bersama komunitas pencinta
lingkungan untuk bersatu menyuarakan perdamaian dan semangat bersama menjaga keutuhan NKRI.

Cleanup in Peace & Diversity akan diadakan pada tanggal 28 Oktober 2018 di area Car Free Day Sudirman berupa kegiatan bersih-bersih sampah bersama sambil mengkampanyekan perdamaian.

Event ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan deklarasi damai menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 bertajuk 'Seruan Untuk Bangsa: Bersama Menjaga Indonesia'. Kegiatan Seruan Untuk Bangsa sendiri akan digelar pada 17 November 2018 di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue Ciputra World, Kuningan, Jakarta Selatan dengan mengangkat tema 'Satu Cinta Pemuda, Tanah Air Indonesia'.

Disamping melakukan kampanye perdamaian, kegiatan ini sekaligus diharapkan dapat menjadi sebuah ajang peningkatan kesadaran masyarakat untuk lebih lagi peduli lingkungan. Kebaikan jika dikerjakan bersama-sama akan lebih ringan tanpa membangun sekat-sekat perbedaan.

Kegiatan cleanup ini dimulai dari Jam 6 pagi dari Halte Dukuh Atas 1 menuju ke HI dan berakhir di Jalan Pamekasan. Tidak hanya mengutip sampah, cleanup dilakukan dengan memilah sampah ke dalam jenis daur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang. Lalu kemudian ditimbang oleh Dinas Lingkungan Hidup di lokasi ending point. Usai cleanup, Pemuda & Pemudi lintas iman menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menari Maumere bersama-sama.

"Acara ini merupakan realisasi sikap yang diambil oleh para pemuda-pemudi Indonesia merujuk pada kondisi tanah air dewasa ini yang kerap kali mudah diadu domba dan termakan informasi yang tidak benar dan berujung perpecahan di masyarakat. Melalui acara ini, kami ingin menyampaikan bahwa pilihan politik boleh berbeda, suku dan agama boleh berbeda tetapi menjaga keutuhan Indonesia adalah tugas utama seluruh elemen bangsa. Kita tetap dapat bersatu berbuat baik seperti dalam kegiatan cleanup ini," kata ketua pelaksana Seruan Untuk Bangsa Padot Naibaho dari keterangan tertulis yang diterima Merdeka Bandung, Minggu (27/10).

Cleanup in Peace & Diversity ini didukung penuh oleh Dinas LH DKI Jakarta, Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta (KomKep KAJ), Kalvari dan Temu Kebangsaan. Adapun Komunitas yang tergabung dalam Cleanup team terdiri dari World Cleanup Day Indonesia, Indorelawan, Lets Do It
Indonesia, Clean Up Jakarta Day, Trash Hero Jakarta, Indonesia Bebas Sampah 2020, Alcedo Sanitizer Force, Gerakan Mari Berbagi dan MAN Forum.

 

(ES/AA)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA