1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Widyatama lakukan pelepasan 13 mahasiswa asal Kamboja

Ini merupakan hasil pertukaran pelajar antara Universitas Widyatama dengan National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC).

Duta Besar Kamboja untuk Indonesia H.E Hor Nam Bora. ©2016 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Minggu, 10 September 2017 16:11

Merdeka.com, Bandung - Setelah menyelesaikan pendidikan selama setahun, secara resmi Universitas Widyatama melakukan prosesi pelepasan 13 mahasiswa asal Kamboja. Para mahasiswa asal Kamboja ini merupakan hasil pertukaran pelajar antara Universitas Widyatama dengan National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC).

Rektor Universitas Widyatama, Islahuzzaman mengatakan, ke 13 mahasiswa ini berasal dari program studi Computer Science dan sukses menyelesaikan studinya pada program studi S1 Teknik Informatika, Fakuktas Teknik Universitas Widyatama.

"Program kerja sama ini baru dilakukan pada 2016, untuk itu tahun ini kami melakukan pelepasan dalam proses wisuda ini sebanyak 13 mahasiswa asal Kamboja yang telah mengenyam pendidikan selama setahun di sini," ujar Islahuzzaman kepada Merdeka Bandung saat ditemui di kampus Universitas Widyatama, Jalan Cikutra, Sabtu (9/9).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Duta Besar Negara Kamboja untuk Indonesia H.E Hor Nam Bora ini, Islahuzzaman menjelaskan bahwa kerja sama yang dijalin oleh kedua institusi beda negara ini mengambil pola tiga plus satu.

"Maksudnya adalah tiga tahun dilaksanakan di negara asal dan satu tahun lagi di negara mitra kerja sama. Setelah dilakukan mapping curriculum untuk menyamakan kesetaraan antara kedua institusi, maka pada tahun 2016 dilaksanakan program pertukaran mahasiswa ini," jelasnya.

Tak hanya NPIC yang mengirimkan mahasiswanya ke Indonesia, Univesitas Widyatama juga telah mengirimkan sembilan mahasiswanya ke Kamboja untuk mengenyam pendidikan di sana.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa asal Kamboja yakni IM Senghout mengatakan bahwa menjalani masa kuliah selama setahun di Universitas Widyatama merupakan hal yang menyenangkan.

"Tentu ini merupakan pengalaman bagi saya. Menyenangkan sekali kuliah di Indonesia. Saya ucapkan banyak terima kasih atas segala bantuannya dan ini pengalaman yang tidak akan terlupakan," tutup Senghout.

(FF/AA)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA