1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Untuk Pertama Kalinya, KAI Gelar Kompetisi Marching Band

"Saat ini generasi muda kita banyak mengalami degradasi moral jadi banyak hal-hal negatif yang dilakukan".

KAI Gelar Kompetisi Marching Band. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 08 Juli 2019 17:53

Merdeka.com, Bandung - Untuk pertama kalinya, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menyelenggarakan kompetisi marching band. Kompetisi tersebut diberi tajuk Indonesia Marching Ensemble Competition (IMEC).

Kejuaran Marching Band itu dilangsungkan seharian penuh pada Minggu (7/7) kemarin. Acara diselenggarakan di Gor Saparua.

VP Corporate Social Responsibility KAI, Agus Supriyono mewakili Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, kejuaraan IMEC adalah ajang perlombaan skala nasional yang khusus untuk mempertandingkan kecakapan musik juga visual secara detail.

"Saat ini generasi muda kita banyak mengalami degradasi moral jadi banyak hal-hal negatif yang dilakukan. Kebetulan di momen liburan sekolah ini, kami mengagendakan satu kegiatan positif yakni IMEC ini," ujar Agus kepada Merdeka Bandung, Minggu (7/7).

Kejuaran ini digelar untuk memberikan wadah bagi anak muda dalam menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitas di bidang musik khususnya marching band.

Ada pun jenis yang dilombakan adalah individual dan sectional sebanyak 11 mata lomba yakni Solo Marimba, Solo Color Guard, Front Ensemble, Trumpet Ensemble, Mellophone Ensemble, Snare Ensemble, Flag Competition, Weapon Competition, Baritone Ensemble, Tube Ensemble, dan Bass Drum Ensemble.

"Kita butuh satu yang baru dikalangan marching band, kami mencoba sesuatu yang baru itu dengan menghadirkan IMEC itu. Melakukan persiapan selama empat bulan lalu, mendadak memang," jelas Agus.

Jumlah kontestan yang ikut dalam kompetisi ini adalah 55 peserta dengan total 150 orang. Para peserta lomba akan memperebutkan piala bergilir Menteri BUMN, piala tetap Direktur Utama KAI, sertifikat, dan uang pembinaan senilai sepuluh juta rupiah.

Sehari sebelum kompetisi diselenggarakan, dilakukan coaching clinic bagi peserta lomba yang disampaikan oleh narasumber yang telah profesional yakni Eric Awuy untuk Brass, dan Front Ensemble oleh Jonathan Fox dari Singapura.

Sementara itu, KAI di samping BUMN yang bergerak di bidang transportasi kereta api, juga sebagai perusahaan yang menaungi Marching Band Locomotive di bawah binaan unit Corporate Social Responsibility.

 

(ES/AA)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA