1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Unpad masuk jajaran perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Ranking

"Yang lebih penting kalau sudah diakui harus kita pertahankan," ujar Rektor Unpad Trihanggono.

Rektor Unpad Trihanggono. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 07 Juni 2018 18:58

Merdeka.com, Bandung - Universitas Padjadjaran masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik tingkat global (world class university). Unpad meraih peringkat di rentang 651-700 versi QS World University Rankings.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad mengungkapkan, capaian tersebut menunjukkan pengakuan atas capaian kinerja yang dilakukan Unpad.

"Yang lebih penting kalau sudah diakui harus kita pertahankan," ujar Trihanggono dalam siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Kamis (7/6).

Tri Hanggono menuturkan, bahwa yang paling penting bagi Unpad adalah progres kinerja Unpad harus terus ditingkatkan. Peringkat dunia tersebut juga harus menjadi pendorong bagi Unpad untuk berkinerja lebih baik lagi. "Harus menjadi pendorong kita untuk lebih maju," katanya.

Tak semua kampus bisa masuk dalam jajaran perguruan tinggi tingkat global. Sebab ada sejumlah indikator yang menjadi penilaian. Adapun indikator penilaiannya diantaranya dilihat dari academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty student, international faculty, dan international students. Secara keseluruhan, penilaian dilakukan terhadap 1.233 perguruan tinggi yang ada di dunia.

Dari jumlah perguruan tinggi yang dinilai, pemeringkatan ditentukan untuk 1.011 perguruan tinggi terbaik. Untuk skala nasional sendiri, Unpad berada di posisi keempat dari 9 perguruan tinggi si Indonesia yang masuk pemeringkatan tersebut. Peringkat dunia ini juga menunjukkan bahwa Unpad diakui secara internasional.

"Kalau target di visi kita masuk menjadi world class university, artinya kalau sudah masuk liga ini sudah world class sebetulnya. Tinggal kita harus pertahankan bahkan kita tingkatkan," katanya.

(MT/DR)
  1. Info Kampus
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA