1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Universitas Widyatama terapkan masa orientasi model baru tahun ini

"Jadi kami melakukan penyempurnaan ke arah yang lebih baik. Agar lebih efektif, dan mudah dipahami oleh mahasiswa baru".

Universitas Widyatama. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 10 September 2018 10:05

Merdeka.com, Bandung - Tahun ini, ada yang berbeda dari masa orientasi atau kerap disebut Program Pengenalan Universitas (PPU) di Universitas Widyatama. Kampus di Jalan Cikutra ini menerapkan PPU model terbaru yang dinilai lebih efektif dan efisien bagi ribuan mahasiswa baru.

Rektor Universitas Widyatama, Islahuzzaman mengatakan, diterapkannya sistem PPU baru ini merupakan upaya dari pihak kampus untuk melakukan perbaikan, pengembangan, dan memberikan pengalaman baru bagi para mahasiswa baru.

"Jadi kami melakukan penyempurnaan ke arah yang lebih baik. Agar lebih efektif, dan mudah dipahami oleh mahasiswa baru. Acara ini digagas oleh Ketua Pembina Yayasan Widyatama, Sri Juniati," ujar Islahuzzaman kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 di Gedung Auditrium (GSG) Widyatama, Sabtu (8/9).

Bila biasanya durasi pelaksanaan PPU hanya berlangsung sekitar satu minggu, tahun ini penyelenggaraannya mencapai 11 hari. Banyaknya kegiatan dan materi yang diberikan membuat waktu pelaksanaan menjadi lebih panjang.

"Semuanya lebih lengkap, makanya penyelenggaraan PPU sekarang lebih lama mencapai 11 hari. Materi yang diberikan mencakup keseluruhan. Jadi, mahasiswa baru diberikan pengetahuan mengenai bela negara, narkoba, sampai terorisme," kata dia.

Satu hal yang menonjol dari kegiataan PPU saat ini adalah adanya kegiatan pembuatan proposal penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa baru. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa baru bisa termotivasi untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan IPK tinggi.

"Mahasiswa baru ini diajarkan untuk menghasilkan penelitian, membuat proposal penelitian yang dibimbing langsung oleh para dosen. Bukan seperti skripsi, tapi setidaknya mereka paham bagaimana nantinya menyusul proposal dengan baik. Agar tidak ada kendala saat menyusun skripsi nantinya," jelasnya.

Selama 11 hari rangkaian acara, ia menjelaskan jika semua kegiatan berjalan dengan lancar. Pihak Universitas Widyatama akan terus melakukan perbaikan untuk kegiatan PPU ini hingga akhirnya bisa sempurna diterapkan kepada para mahasiswa baru.

(ES/AA)
  1. Info Kampus
  2. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA