1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Tulang hidung patah, Bojan Malisic akan tampil menggunakan topeng

"Iya, dia punya peluang main di pertandingan hari Minggu. Hari ini dokter akan cari topeng untuk dia pakai," kata Gomez.

Bek Persib, Bojan Malisic. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 12 April 2018 11:28

Merdeka.com, Bandung - Bek Persib, Bojan Malisic sudah mulai bergabung di dalam latihan skuad Maung Bandung. Mali, sapaan akrabnya, harus beristirahat lebih lama ketimbang para pemain lainnya untuk memulihkan cedera patah tulang hidung yang dialami di laga melawan Mitra Kukar, Minggu (8/4) lalu.

Saat berduel di udara dengan stoper Mitra Kukar, Saepuloh Maulana, Mali terkena benturan yang mengakibatkan darah segar mengucur dari hidungnya.

Mali berharap, proses penyembuhan tulang hidungnya bisa berjalan mulus. Untuk membantu proses penyembuhan, Mali perlu mengenakan sebuah topeng pelindung wajah, baik latihan maupun saat pertandingan.

Untuk pembuatan topeng pelindung, Mali dan dokter tim sudah mendatangi klinik kesehatan di Jalan Merdeka. Di tempat itu, Mali menjalani casting untuk proses pencetakan nose protection mask.

Didampingi Yusuf Haryadi, AMd. OP, ahli orthotic prosthetic (spesialis pembuatan kaki/tangan palsu dan alat bantu orthopedi), Mali merampungkan seluruh proses pembuatan nose protection mask.

"Sebenarnya ini memang sudah tersedia dan ada yang menjual. Tetapi, karena bentuk hidungnya yang mancung dan sedikit miring akibat cedera, kita harus customized. Kita ukur dulu,lalu cetak bentuk wajahnya dengan gypsum agar presisinya pas," ujar Yusuf seperti dikutip laman klub.

Yusuf mengatakan, topeng pelindung hidung buatannya akan diselesaikan dalam waktu tidak terlalu lama. Meski begitu, ia tetap memastikan kualitas dari topeng tersebut akan terjaga dengan baik. Apalagi, khusus untuk topeng Mali, Yusuf memilih bahan baku terbaik.

"Kebetulan ini bukan dari bahan karbon seperti biasanya. Kali ini kita buat dari bahan nat fiber. Bahan ini sering dipakai untuk membuat dashboard mobil dan memang agak tebal 2-3 milimeter. Jadi, saya jamin ini akan kuat untuk melindungi hidungnya," kata dia.

Sementara itu Pelatih kepala Persib Mario Gomez mengisyaratkan, pemain bernomor punggung 4 itu bisa tampil dalam laga kontra Arema FC di Malang, meskipun harus mengenakan pelindung khusus berupa topeng.

"Iya, dia punya peluang main di pertandingan hari Minggu. Hari ini dokter akan cari topeng untuk dia pakai. Dia bisa main di pertandingan nanti kalau mengenakan topeng itu," kata Gomez.

Topeng tersebut berfungsi untuk melindungi tulang hidung yang sebelumnya patah akibat dari benturan. Sedikit saja benturan dapat mengganggu tersambungnya kembali tulang atau bahkan mengganggu saluran pernafasan sang pemain.

Gomez tampak optimistis dengan proses pemulihan cedera Mali. Pelatih asal Argentina itu telah mengkondisikan Mali dalam program latihan bertahap agar siap diturunkan di laga kontra tuan rumah Arema FC pada lanjutan pekan keempat Go-Jek Liga 1 2018, Minggu 15 April mendatang.

"Kita‎ sudah mempersiapkan dia jika bisa main untuk pertandingan (nanti) sejak latihan hari ini, meskipun tidak banyak. Besok dia akan ikut latihan lebih banyak bersama yang lainnya," katanya.

(ES/DR)
  1. Laga Persib
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA