1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Tingkatkan Upaya Penghijauan dan Bantu Kelestarian Alam, Jasa Marga Tanam 42 Tanaman

"Di samping meningkatkan upaya penghijauan, penanaman pohon kali ini juga membantu kelestarian alam dan edukasi".

IPB-PT Jasa Marga. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 16 Maret 2020 13:14

Merdeka.com, Bandung - Sebagai meningkatkan upaya penghijauan dan membantu kelestarian alam, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) menanam 42 jenis tanaman langka.

Penanaman pohon ini merupakan lanjutan dari rangkaian HUT Jasa Marga ke 42 tahun dengan tema Safety Driving on The Green Toll Road.

Bertempat di Rest Area Km 88B (arah Jakarta) Purbaleunyi, digelar penyerahan dan penanaman 42 tanaman langka dari IPB kepada Jasa Marga.

Sebanyak 42 tanaman langka tersebut ditanam di rest area Km 88B yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Corporate Secretary Jasa Marga, M. Agus Setiawan mengatakan, kerjasama penanaman pohon ini sebagai lanjutan program Jasa Marga Green Toll Road.

"Acara ini sejalan dengan tema ulang tahun Jasa Marga yaitu Safety Driving on The Green Toll Road. Ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan dengan membuat lingkungan jalan tol menjadi lebih asri," kata Agus dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan upaya menyiapkan sertifikasi Green Toll Road untuk ruas jalan tol Jasa Marga lainnya, setelah sebelumnya ruas tol Pandaan-Malang dan Gempol-Pandaan yang telah lebih dulu tersertifikasi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HA IPB, Nelly Oswini juga mengapresiasi sinergi antara HA IPB dan Jasa Marga dalam membantu kelestarian alam.

"Di samping meningkatkan upaya penghijauan, penanaman pohon kali ini juga membantu kelestarian alam dan edukasi bagi pengunjung, terlebih dikarenakan 42 jenis tanaman yang kita tanam hari ini merupakan tanaman asli Indonesia dan sudah mulai langka keberadaannya," jelas Nelly.

Pohon langka yang ditanam merupakan pohon langka yang berasal dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Beberapa diantaranya adalah Ulin atau kayu besi (Eusideroxylon zwageri), Merbau (intsia bijuga), Masoi (Cryptocarya massoia), Keruing gunung (Dipterocarpus retusus), Meranti Merah (Shorea sp), serta Saninten (Castanopsis argentea (Bl.).

Sejalan dengan tema Safety Driving on The Green Toll Road, Jasa Marga berkomitmen melakukan penanaman total 42.000 pohon di seluruh ruas tol Jasa Marga di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2020. Sampai dengan 1 Maret 2020 lalu teat dengan HUT Jasa Marga yang ke-42, telah tertanam sekitar 24.000 pohon.

 

 

 

(ES/AA)
  1. Info Kota
  2. Lingkungan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA