1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Seni Karawitan dan Film jadi jurusan favorit di Bandung

Tiap tahunnya peminat ke ISBI Bandung lebih dari 600 orang namun tempat terbatas.

Ilustrasi karawitan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Iman Herdiana | Senin, 07 Maret 2016 12:46

Merdeka.com, Bandung - Minat masyarakat pada ilmu seni yang dipelajari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung cukup tinggi. Tiap tahunnya kampus di Jalan Buah Batu Bandung ini selalu kelebihan peminat.
 
Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Een Herdiani, mengatakan jumlah mahasiswa ISBI Bandung tiap angkatannya sebanyak 500-600 orang. Sedangkan total mahasiswa sebanyak 2.000 orang. ISBI Bandung juga menyediakan 60 beasiswa Bidik Misi tiap tahunnya.
 
Mereka tersebar di tiga fakultas, yakni Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari program studi Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater, Seni Musik Bambu; Fakultas Seni Rupa Dan Design yang terdiri dari prodi Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Rias dan Busana.
 
Fakultas ketiga adalah Fakultas Budaya Dan Media terdiri dari prodi Seni Etnostudi, Film dan Televisi.
 
“Total mahasiswa hampir 2000 total. Itu total karena memang perguruan tinggi seni tidak seperti perguruan tinggi yang lain yang mahasiswanya banyak. Kita masih terbatas dalam penerimaan mahasiswa,” ujar Een kepada Merdeka Bandung.
 
Keterbatasan tersebut bukan berarti minat masyarakat terhadap seni kurang. “Sebenarnya animo masyarakat sudah mulai banyak, apalagi TV dan Film, terus Karawitan, itu tetap animonya banyak. Hanya kita belum bisa nambah mahasiswa,” katanya.
 
Ia menambahkan, tiap tahunnya peminat ke ISBI Bandung lebih dari 600 orang. Namun infrastruktur dan SDM di ISBI Bandung masih terbatas.
 
“Ini sudah tiga fakultas, tapi tempatnya masih seperti ini, kasihan pada mahasiswa kalau kita menerima banyak,” katanya.

(FF/IH)
  1. Layanan Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA