1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Sambut ASEAN Games, Kapolda Jabar studi banding pengamanan ke Malaysia

"Kebetulan saya dan Pak Gubernur Jabar ketemu di Kuala Lumpur. Di sana (Malaysia) saya studi banding dalam konteks pengamanan," kata Agung.

Menara kembar Petronas. ©2016 Merdeka.com Reporter : Andrian Salam Wiyono | Jum'at, 08 September 2017 13:07

Merdeka.com, Bandung - Kapolda Jabar anyar Irjen Pol Agung Budi Maryoto sejak resmi dilantik Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung menatap event besar 2018. Jabar pada tahun depan diketahui akan menghadapi Pilkada serentak di 16 kabupaten/kota serta Pilgub Jabar dan turut ambil bagian dalam hajatan ASEAN Games 2018.
Sejumlah venue di Jabar diketahui akan juga digunakan beberapa cabang olahraga pada hajat olahraga akbar empat tahunan se-Asia.

"Kebetulan saya dan Pak Gubernur Jabar (Ahmad Heryawan) ketemu di Kuala Lumpur. Di sana (Malaysia) saya studi banding dalam konteks pengamanan," kata Agung usai mengikuti upacara serah terima jabatan Kapolda Jabar, di Halaman Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jumat (8/9). Malaysia baru saja menggelar event Sea Games 2017 pada 19- 30 Agustus.

Dia mengatakan, beberapa venue yang akan digunakan di Jabar yakni outdor, salah satunya sepakbola. Dari situlah Agung belajar banyak pengamanan sebab rencananya cabang olahraga sepak bola bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Jadi nanti saya akan rapat khusus dengan panitia langsung, karena Jabar ada yang digelar di outdoor," katanya.

Dia menambahkan, event ASEAN Games merupakan event terbesar olahraga di Asia. Sehingga dia menginginkan standar pengamanan nanti harus berstandar internasional. "ASEAN Games ini merupakan tantangan kita atas nama Indonesia. Pengamanan harus menggambarkan kepolisian internaisonal," tandas eks Kapolda Sumsel tersebut.

Adapun untuk Pilkada serentak 2018, pihaknya masih akan kembali melakukan pemetaan tersebut terhadap beberapa wilayah yang akan menggelar pesta demokrasi. "Nanti saya akan pelajari dulu, pemetaan wilayah Pilkada Jabar dan informasi intelejen," ucap Agung yang pernah menjabat Dirlantas Polda Jabar.

(FF/ASW)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA