1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Sabtu besok, obor Asian Games 2018 akan sampai di Kota Bandung

"Ya besok kebetulan rangkaian pesta Asian Games 2018 obor masuk ke Kota Bandung. Besok sekitar jam 8-an," kata Oded.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Daniel. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Jum'at, 10 Agustus 2018 18:34

Merdeka.com, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial akan menyambut langsung obor Asian Games 2018 di gerbang tol Pasteur Sabtu 11 Agustus 2018 besok. Seperti diketahui, Obor Asian Games 2018 akan menyambangi Kota Bandung setelah sebelumnya dibawa dari Kabupaten Purwakarta.

"Ya besok kebetulan rangkaian pesta Asian Games 2018 obor masuk ke Kota Bandung. Besok sekitar jam 8-an. Jadi besok Mang Oded menerima obor itu estafet saja diterima kemudian diserahkan lagi," ujar Oded saat ditemui di Pesantren Daarut Tauhid, Jalan Gegerkalong Girang, Jumat (10/8)

Menurut Oded, dirinya hanya simbolis menerima obor Asian Games yang akan masuk ke Kota Bandung. Selanjutnya Oded kemudian akan menyerahkan kepada legenda atlet Kota Bandung yang selanjutnya akan membawa api obor Asian Games ke Gedung Sate dengan panjang 10 km secara estafet.

"Teknisnya hanya menyerahkan saja di Pasteur. Mang Oded engga ikut lari," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Dodi Ridwansyah sebelumnya mengatakan, ada perubahan rute yang akan dilalui obor Asian Games. Semula, api obor Asian Games akan menyambangi Pendopo Kota Bandung. Namun rencana tersebut diubah menyesuaikan panitia dari Inasgoc (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee).

Menurut Dodi, obor Asian Games akan disambut dari gerbang tol Pasteur, setelah sebelumnya dibawa dari Purwakarta. Obor kemudian akan dibawa menyusuri sejumlah jalan ke Gedung Sate sepanjang 10 km.

Dodi menyebut Gerbang Tol Pasteur akan menjadi titik kedatangan api obor. Adapun rute yang akan dilalui api obor ini diantaranya Jalan Pasteur menuju Jalan Layang Pasupati, Taman Sari, Cikapayang, Monumen Perjuangan, Jalan Cimandiri, Jalan Cimalaya, dan berakhir di Gedung Sate.

"Dari exit Pasteur sampai Gedung Sate sepanjang 10 kilometer, karena itu menyangkut jarak yang ditempuh. Semua harus 18 ribu kilometer dari India," katanya.

Menurut Dodi, dalam pawai obor ini akan diikuti 20 peserta pembawa obor. Setiap peserta akan bergantian membawa obor sampai ke Gedung Sate setiap 500 meter. Dodi menyebut para pembawa api obor, merupakan atlet-atlet olahraga legenda asal Jawa Barat seperti Ricky Subagja dan Djajang Nurjaman.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Kota Bandung Aswin Sulaeman menambahkan, bahwa pihaknya menyiapkan penyambutan api obor Asian Games 2018 yang akan melewati Kota Bandung. Penyambutan api obor akan dilakukan dengan pertunjukan kesenian.

"Kami menyiapkan penyambutan di gerbang tol. Ada tataluan. Yang utama kita akan menyambut api obor pas waktu datang dengan tarian merak," katanya.

Aswin mengatakan, penyambutan ini dilakukan untuk menambah kemeriahan gelaran pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Sehingga masyarakat bisa juga ikut meramaikan event internasional tersebut.Ia berharap Asian Games juga berdampak pada meningkatnya wisatawan ke Kota Bandung.

Aswin pun memohon maaf jika dalam acara nanti akan berdampak pada kemacetan di sekitar lokasi acara. Terutama di kawasan Pasteur dan Surya Sumantri.

(MT/DR)
  1. Info Kota
  2. Asian Games 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA