1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Rute Baru KA Bandung-Tasikmalaya Berdampak pada Ekonomi

Banyak pengrajin atau pengusaha asal Tasikmalaya mensuplai barang-barang dagangannya ke Kota Kembang.

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 26 Desember 2018 15:49

Merdeka.com, Bandung - Kehadiran kereta api Galunggung yang melayani rute Bandung menuju Tasikmalaya dan sebaliknya akan menghadirkan dampak positif bagi perekonomian daerah. Bila selama ini masyarakat dari Bandung ke Tasikmalaya atau sebaliknya harus menjalani perjalanan panjang menggunakan mobil karena macetnya jalan raya, kini tidak lagi.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, Tasikmalaya dikenal sebagai penghasil kerajinan menjadi salah satu potensi besar yang bisa dikembangkan di Bandung. Dengan adanya rute baru Bandung - Tasikmalaya (PP), memudahkan akses masyarakat untuk melakukan perjalanan.

“Saya mengapresiasi adanya penambahan kereta api rute Bandung - Tasikmalaya balik lagi ke Bandung. Ini tentunya mengurangi beban jalan raya dari dan menuju Bandung. Ini juga bisa meningkatkan potensi ekonomi yang luar biasa,” ujar Yana kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara peresmian Kereta Api Galunggung di Stasiun Kiaracondong, Rabu (26/12).

Kata Yana, tak sedikit pengrajin ataupun pengusaha asal Tasikmalaya mensuplai barang-barang dagangannya ke Kota Kembang. Selama ini, perjalanan kerap dilewati dengan menggunakan kendaraan melalui jalan raya yang seringkali dilanda kemacetan.

Dengan adanya kereta api Galunggung dengan jadwal pemberangkatan Bandung ke Tasikmalaya pukul 06.05 sampai 09.27 WIB, dan 10.35 dampai 14.11 WIB dari Tasikmalaya ini tentunya memudahkan para pelaku bisnis ataupun masyarakat yang ingin melakukan wisata ke Kota Kembang.

“Jadi lebih mudah ke Bandung sekarang, khususnya bagi warga Tasikmalaya. Pemerintah Kota Bandung saat mengapresiasi adanya kereta api Galunggung ini,” jelasnya.

(MH/AA)
  1. Kereta api
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA