Ridwan Kamil: Enggak boleh lagi ada generasi malas, galau enggak jelas

user
Mohammad Taufik 17 Agustus 2016, 11:51 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Seluruh rakyat Indonesia memperingati HUT Ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus yang jatuh pada Rabu ini. Pada HUT kali ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap agar masyarakat Indonesia menunjukkan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan ini dengan karya.

"Enggak boleh lagi ada generasi yang malas-malasan, galau-galau enggak jelas, enggak boleh lagi ada orangtua memukul guru, enggak bole  lagi ada kekerasan terhadap anak, enggak boleh lagi ada sinetron-sinetron lebay, dan sebagainya," ujar Ridwan kepada wartawan seusai acara peringatan HUT RI ke 71 tingkat Jawa Barat di Lapangan Gasibu.

Pria yang akrab disapa Emil ini berharap kejadian-kejadian tersebut tidak berulang lagi di masa yang akan datang. Menurut dia, perilaku masyarakat yang tidak mencerminkan semangat kemerdekaan itu tidak penting dan tidak perlu.

"Yang kita perlu adalah karya nyata dalam teknologi, berkarya menghasilkan inovasi, bekerja keras menghasilkan prestasi-prestasi," katanya.

Ridwan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus membangun semangat berkarya. "Kalau semua semangatnya berkarya, Insya Allah bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar seperti yang dicita-citakan oleh pendiri bangsa Indonesia ini," ucapnya.

Emil mengungkapkan bahwa semangat kemerdekaan di Kota Bandung sudah mengarah kepada hal-hal yang positif. Ia menerangkan sekilas pencapaian Kota Bandung dalam masa pemerintahannya.

Meskipun demikian, Emil mengaku masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus juga dituntaskan. "Masih banyak kekurangan, orang miskin juga masih ada, masalah kemacetan masih ada, itu PR bersama," imbuhnya.

Oleh karena itu, Emil berpesan kepada seluruh warga Bandung untuk turut serta dalam pembangunan daerah. "Pesan saya kalau cinta Bandung, mari kita turun tangan, jangan lepas tangan. Jadi pejabat juga pejabat yang turun tangan, bukan yang tunjuk tangan. Jadi dengan etos kerja yang keras, cerdas, tuntas, ikhlas, berkualitas Insya Allah Bandung merdeka," tuturnya.

Pada pagi harinya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Bandung tahun 2016 di Plaza Balai Kota Bandung.

Upacara tersebut dilaksanakan lebih awal dari upacara peringatan kemerdekaan pada umumnya, yakni pada pukul 07.00 WIB. Hal ini karena di Kota Bandung terdapat prosesi pemberangkatan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dari halaman Balai Kota Bandung menuju Lapangan Gasibu untuk dikibarkan pada Rangkaian Upacara Detik-detik Proklamasi Tingkat Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

Usai melaksanakan upacara di Balai Kota, Wali Kota Bandung beserta Wakil Wali Kota Bandung dan Sekretaris Daerah Kota Bandung langsung berangkat menuju Lapangan Gasibu untuk bergabung bersama Gubernur Jawa Barat mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Tingkat Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

Kredit

Bagikan