Ridwan Kamil: Tak ada keberhasilan tanpa perjuangan

user
Muhammad Hasits 16 Agustus 2016, 11:21 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung  Ridwan Kamil melantik 120 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bandung angkatan 2016 di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (15/8) malam. Anggota Paskibraka yang berasal dari pelajar setingkat SMA tersebut akan bertugas pada saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 pada tanggal 17 Agustus 2016.

Upacara tersebut dihadiri pula oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bandung, para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Nasional, PPI Jawa Barat, dan PPI Kota Bandung, serta para orangtua Paskibraka yang dilantik.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Emil ini mengucapkan selamat kepada para anggota Paskibraka atas keberhasilan mereka melampaui proses pendidikan dan latihan yang panjang. Dia mengingatkan agar para Paskibraka harus menjadi teladan di masyarakat.


"Adik-adik menjadi pemuda pelopor di lingkungan masing-masing, sehingga keteladanan adalah roh dan jiwa dari adik-adik Paskibraka. Adik-adik harus menjadi contoh, teladan, dan menjadi yang terdepan dalam membela kebenaran dan membela nilai-nilai Pancasila," ujar Emil.

Emil mengaku sangat terharu dan bangga melihat para pelajar tersebut mampu sampai ke titik ini, di mana untuk menuju ke sana harus melalui serangkaian perjuangan yang tidak mudah.

"Tidak ada jalan yang harus kita lalui tanpa keringat yang harus kita keluarkan. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan," katanya.

Emil mengungkapkan, bahwa momen ini menjadi semacam nostalgia bagi dirinya. Sebab,  Ia pun sempat merasakan menjadi anggota Paskibraka Kota Bandung dan mengibarkan bendera pusaka di tempat yang sama.

Emil mengungkapkan, pendidikan dan latihan yang dijalani seorang Paskibraka hanyalah satu fragmen kecil di dalam kehidupan. Masih ada banyak fragmen lain harus dijalankan untuk dapat menjadi manusia yang beradab.

"Jika Adik-adik bisa sampai ke malam ini, saya yakin Adik-adik bisa sampai ke cita-cita besar yang ada di dalam hati Adik-adik," ucapnya.

Emil selalu menekankan bahwa hakikat manusia dinilai dari kebermanfaatannya. Maka ia pun menyampaikan hal sama kepada Paskibraka Kota Bandung angkatan 2016.

"Karena sebaik-baik manusia, apapun seragam kita, apapun jabatan kita, yang dinilai oleh Allah SWT adalah seberapa besar manfaat hidup kita kepada masyarakat," terangnya.

Emil berpesan kepada anggota Paskibraka Kota Bandung angkatan 2016 untuk senantiasa menjadi yang terbaik.

"Percayalah, jika saya bisa, insya Allah adik-adik yang ada di hadapan saya juga pasti bisa," katanya.

Ia mengakhiri arahannya dengan mengajak kepada hadirin untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. "Tunjukkan kerja keras kita, tunjukkan kerja ikhlas kita, tunjukkan kerja cerdas kita, dan tunjukkan kerja berkualitas kita," pungkasnya.

Kredit

Bagikan