Lagu-lagu ngehits ini terinspirasi dari Bandung

user
Mohammad Taufik 10 Desember 2015, 15:52 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bandung di masa lalu banyak menginspirasi bagi para musisi. Lagu-lagu yang mereka ciptakan menunjukkan bahwa Bandung tempoe doeloe begitu berkesan.

Sejumlah lagu bahkan menjadi hits dan populer hingga kini. Berikut lagu-lagu yang terinspirasi dari Bandung:

Melati Dari Jayagiri

Lagu ini diciptakan dan dinyanyikan maestro Iwan Abdulrachman yang akrab dipanggil Abah Iwan pada 1968. Lagu dibawakan band religi Bimbo. Jayagiri merupakan sebuah tempat di kawasan Bandung utara, Lembang. Di tempat ini juga terdapat makam ilmuwan Jerman, Franz Wilhelm Junghuhn. Selain Melati dari Jayagiri, Abah Iwan banyak menciptakan lagu tentang eksotisnya alam Bandung, di antaranya lagu 1000 Mil Lebih Sedepa dan Senja di Bandung Utara.

Bandung

Lagu ini diciptakan musisi Doel Sumbang. Pencipta lagu sekaligus penyanyi pop Sunda ini banyak sekali membuat lagu tentang Bandung dan Jawa Barat umumnya. Lagu Doel banyak bercerita tentang alam dan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Barat baik berisi pujian maupun kritik atau satir. Beberapa lagunya yang nge-hits di antaranya Pangandaran, Bulan di Langit Batuhiu, Sumedang. Ia juga merilis lagu bahasa Indonesia dan berduet dengan penyanyi Nini Carlina.

Peunyem Bandung

Lagu diciptakan Sambas Mangundikarta (1926-1999). Penyiar RRI yang kemudian jadi presenter TVRI ini aktif menciptakan lagu Indonesia dan daerah. Ternyata ia sukses di lagu. Selain Peunyem Bandung, lagu hits lain ciptaannya adalah Manuk Dadali, Sapunyere Pegat Simpay dan lainnya. Proses popularitas lagu Peunyem Bandung juga unik, yakni dinyanyikan pertama kali oleh Elly Kasim dari Minang pada 1965. Berikutnya lagu ini dinyanyikan kembali oleh diva pop Sunda Nining Meida.

Mojang Bandung

Lagu ini diciptakan salah satu penyanyi pop Sunda paling terkenal, Hendarso atau akrab dikenal Darso. Ia banyak sekali lagu menciptakan lagu bertemakan Jawa Barat, di antaranya Tanjakan Burangrang dan Bandung-Ciparay. Mayoritas lagu Darso dibawakan dengan calung, sebuah alat musik dari bambu mirip angklung. Musisi eksentrik ini meninggal 2011 lalu.

Mojang Priangan

Lagu ini diciptakan dan dinyanyikan sinden legendaris Iyar Wiyarsih, menceritakan sosok mojang atau gadis priangan yang anggun, santun, dan mampu beradaptasi dengan zaman.

Band-band kekinian juga menciptakan sejumlah lagu yang terinspirasi Bandung. Misalnya Pas Band yang menciptakan lagu Aing Pendukung Persib, lagu ini tentang klub sepak bola kebanggaan Bandung, Persib. Band beken lainnya tak ketinggalan, sebut saja Mocca yang membuat lagu dengan lirik bahasa Inggris berjudul Bandung dan band Serius membuat Bandung 19 Oktober.

Sedangkan lagu perjuangan tentang Bandung adalah Halo-halo Bandung yang lahir dalam konteks perjuangan heroik Bandung Lautan Api 24 Maret 1946.

Kredit

Bagikan