ITDRI Gandeng Widyatama Untuk Genjot Angka Talenta Digital

user
Endang Saputra 23 Februari 2022, 19:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pada awal 2022 ini, ITDRI (Indonesia Telecomunication Digital Research Institute) terus menggenjot angka talenta digital dengan berkolaborasi dengan Universitas Widyatama, Bandung pada empat bidang garapan.

Chairman of IDTRI dan SGM Telkom Corporate University, Jemy V. Confido mengatakan,  pihaknya tidak hanya membantu terciptanya talenta digital yang bisa bersaing secara global di berbagai BUMN di Indonesia.

"Kami juga berperan aktif dalam pengembangan talenta digital, inovasi, dan riset dari lingkungan kampus sebagai bagian Helix Academy. Untuk menghadapi tantangan saat ini, sesama penta helix perlu merapatkan barisan saling bersinergi dalam mendorong terciptanya talenta digital Indonesia," kata Jemy dari berita tertulis diterima Merdeka Bandung.

Bertindak sebagai wakil dari salah satu perguruan tinggi privat ternama asal Kota Bandung itu adalah Deden Sutisna sebagai Wakil Rektor Bidang Keuangan, SDM, & Fasilitas.

Dalam nota tersebut, kesepahaman dilakukan dalam empat bidang garapan yakni learning (pembelajaran), research (riset), inovasi, dan pengabdian Masyarakat.

Menurut Jemy, kerjasama bidang learning adalah kolaborasi perancangan dan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran seperti joint learning, joint curriculum, produksi konten pembelajaran, magang, penyusunan case study, pertukaran pengetahuan, wawasan bisnis, dan lainnya.

"Inovasi adalah kolaborasi pengembangan inovasi bersama digital melalui kegiatan yang tidak terbatas joint innovation, pertukaran data hasil inovasi, penggunaan use case dalam industri, dan sebagainya," katanya.

Pada bidang Research, sambung Deden Sutisna, adalah kerjasama penelitian dan pengembangan bersama yang dimiliki masing-masing pihak pada joint research, joint development, penggunaan bersama platform dan resource riset, dan lain-lain yang tidak terbatas.

"Sementara pengabdian kepada masyarakat yaitu kolaborasi dalam memberikan kontribusi pemberdayaan masyarakat meliputi kegiatan literasi digital masyarakat, smart village, dan lain-lain yang tidak terbatas," sambungnya.

Deden menekankan, kerjasama ini bagian penyempurnaan lebih lanjut dari apa yang sudah mereka lakukan sebelumnya. Sebab, sebelum pandemi, 40% kegiatan belajar Universitas Widyatama sudah dilakukan secara e-learning.


"Kami berharap bisa memberikan kontribusi nyata terhadap Indonesia yang saat ini membutuhkan talenta digital talent berjumlah banyak. Kolaborasi ini menjadi salah satu upaya menciptakan ekosistem digital demi mempercepat transformasi digital di Indonesia," tambahnya.

Jemy V. Confido melanjutkan, dengan MoU antara ITDRI dan Widyatama, pihaknya berharap bisa mempercepat dan meningkatkan kapabilitas inovasi dan kesiapan talenta digital Indonesia. Juga, kolaborasi ini sebagai suatu jalan kebaikan dan amal ilmiah bagi pihak-pihak terkait.

Kredit

Bagikan