Makin Mahal Harga Mobil, Makin Besar Premi Asuransi

user
Endang Saputra 07 Februari 2022, 16:03 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengatur besaran tarif asuransi mobil atau kendaraan roda empat di Tanah Air. Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017.

"Berdasarkan aturan tersebut, tarif yang akan dikenakan pada setiap pemilik mobil akan berbeda-beda, tergantung pada beberapa faktor seperti harga mobil dan wilayah kamu," kata Benny Fajarai, CEO Lifepal di Jakarta,dalam keterang persnya.

Sehingga, kata Benny, semakin mahal harga mobil, maka tarif atau premi yang harus kamu bayarkan akan semakin tinggi juga.

"Untuk menghitung berapa tarif asuransi mobil yang harus dibayar, kamu harus mengetahui rate asuransi mobil yang sudah ditetapkan oleh OJK terlebih dahulu,” jelasnya.

Kata Benny, ada beberapa rekomendasi perusahaan asuransi mobil terkemuka di Indonesia yang dapat mempengaruhi jumlah premi asuransi kendaraan yang hendak Anda beli seperti, asuransi mobil ACA, asuransi mobil Garda Oto, asuransi mobil Sinar Mas dan asuransi Jasaraharja Putera.

Untuk asuransi mobil ACA menawarkan tiga jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu Otomate, Otomate Smart, dan Otomate Solitaire. Asuransi Garda Oto merupakan salah satu asuransi mobil di Indonesia yang menawarkan empat channel secara mudah dan cepat.

Sedangkan, asuransi Mobil Sinar Mas menawarkan produk unggulan bernama Simasnet, asuransi mobil Sinar Mas ini menawarkan dua jenis polis, yakni Simas Mobil Comprehensive yang dapat memberikan perlindungan sampai dengan usia mobil 10 tahun, dan Simas Mobil TLO yang dapat memberikan perlindungan sampai dengan usia mobil 20 tahun.

Kemudian, asuransi Jasaraharja Putera. Salah satu layanan produk asuransi terbaik yang disediakan oleh Jasaraharja Putera adalah JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor). Produk ini menawarkan jaminan keamanan kendaraan sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila kendaraanmu rusak atau hilang.

"Selain jenis asuransi, faktor lain yang mempengaruhi perhitungan premi asuransi mobil yakni wilayah dan harga kendaraan,"pungkasnya.

Kredit

Bagikan