Permainan Persib Tak Sesuai Harapan, Farhan Minta Bobotoh Tetap Kondusif

user
Endang Saputra 06 Oktober 2021, 18:10 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Hasil pertandingan Persib Bandung di Liga 1 2021 memicu polemik dari suporter. Bahkan, beberapa laga yang berhasil imbang itu, suporter mengambil langkah petisi kepada Manajeman Persib agar memberhentikan pelatih Robert Rene Alberts dengan tagar #ReneOut.

Menyikapi hal itu, Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menilai, hasil pertandingan ini harus jadi pemicu ke arah yang lebih baik bagi manajeman maupun pemain. Dengan hasil yang tak sesuai ekspektasi, perlu disikapi bijak tanpa menyalahkan siapapun

"Memang menggemaskan. Artinya, ekspektasi kita pada Persib sangat tinggi. Harapannya Persib bisa main dominan, menang terus dengan permainan indah dan di posisi puncak klasemen," ujar Farhan dalam keterangan persnya, Rabu 6 Oktober 2021.

"Tapi ternyata hasil dua kali pertandingan menang dan empat kali draw, belum memenuhi ekspektasi yang spektakuler. Malah di mata bobotoh Persib itu jadi butut (jelek)," tambahnya.

Farhan meminta semua pihak menciptakan iklim kondusif. Bahkan dengan kebiasaan baru aktifitas olahraga di tengah pandemi ini, Persib ditantang untuk mengeluarkan kualitas terbaiknya. Kalaupun ada petisi atau aspirasi, dinilai perlu direspon sebagai dinamika demokrasi ke arah lebih baik.

"Tentu tidak perlu saling menyudutkan lagi, karena hal yang memicu sentimen ini semua dasarnya persepsi subjektif. Kalau mau berdebat terus menerus, tentu tidak dilarang. Bahkan bagus, karena artinya ada ruang dialog antara Bobotoh dengan Persib," katanya.

"Saya ini bobotoh, penggemar dan pendukung, bukan ahli strategi dan bukan juga ahli manajemen. Artinya saya hanya ingin melihat Persib menang dan main enak ditonton, seperti harapan saya. Jadi saya serahkan tugas manajemen Persib untuk membina pelatih, memberikan hasil terbaik sesuai harapan bobotoh," tambahnya.

Farhan menilai, masyarakat ikut bertanggungjawab dalam memajukan budaya suporter yang dewasa dan menjunjung tinggi sportifitas.

"Kita perlu menempatkan diri sebagai penggemar dan pendukung yang jujur. Kalau bagus sesuai ekspektasi, kita beri penghargaan. Kalau tidak sesuai ekspektasi, kita beri lecutan (motivasi). Saya yakin Persib akan lebih baik dengan lecutan Bobotoh ini. Maka harus membuktikan bahwa Persib memang juara," terang

Kredit

Bagikan