Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi, Ini Strategi yang Dilakukan Alope

user
Endang Saputra 25 Juni 2021, 16:54 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pandemi virus covid-19 berdampak buruk pada berbagai sektor usaha. Salah satunya fesyen. Alope yang merupakan merek dagang fesyen ini contohnya. Berusaha tetap bertahan di tengah masa sulit seperti saat ini tentu tak mudah. Dibutuhkan strategi yang baik.

Owner Alope, Muhammad Firman Faiki mengatakan, bisnisnya ikut kena imbas pandemi dengan menurunnya penjualan. Meski begitu, ia berusaha untuk tetap mempertahankan karyawan dan tak melakukan PHK. Meski begitu, ia terpaksa harus memotong gaji karyawan.

"Untuk menjaga kestabilan, di awal beban produksi besar tapi pendapatan menurun, akhirnya karyawan dipotong gaji tapi gak ada pengurangan," kata Firman.

Tak mau berlarut-larut dalam kondisi itu, Firman menjalankan strategi memasarkan produk alas kaki impor dari Cina yang membantu mendongkrak penjualan Alope. Alope kembali bangkit dan bahkan bisa merekrut karyawan baru.

Firman mengaku yakin bisnis fesyen memiliki masa depan yang cerah. Apalagi, pemerintah sudah menggaungkan penguatan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dianggapnya sebagai kesempatan bagi pengusaha untuk semangat mengembangkan bisnis.

Alope, brand fashion asal Mojokerto, Jawa Timur yang didirikan pertengahan 2020 sebenarnya sudah digelutinya sejak 2018 saat sistem cash on delivery (COD) mulai marak.

Bisnisnya tersebut memiliki spesialisasi di produk alas kaki, seperti sepatu dan sandal khusus pria saja. Pria asal Pemalang, Jawa Tengah, ini menjelaskan, nama Alope diambil dari nama seorang Dewa Yunani yang digambarkan sebagai pembawa kesuburan. Harapannya, brand Alope dapat terus tumbuh subur dalam kesuksesan.

Alope konsisten mengeluarkan produk dengan desain baru setiap bulan dengan omzet per bulan mencapai Rp350 juta sampai Rp500 juta. Produk-produknya merupakan hasil produksi sendiri yang dikejakan 20 karyawannya.

"Jumlah karyawan ada 20, sedangkan reseller ada 100 sekian di seluruh Indonesia," ungkapnya. Ada pula dropshipper dan distributor yang membeli barang dalam jumlah besar.

Sandal pria menjadi produk yang selalu best seller, yang diproduksi sebanyak 10.000 pasang per bulannya. Alope juga mampu memproduksi hingga 5.000 pasang sepatu per bulan.

Keunggulan alas kaki Alope, kata Firman, terletak di kualitas dan modelnya yang simpel dan elegan. Sandal Alope dikenal dengan kombinasi warna yang unik, yang membuat produknya selalu diburu pelanggan.

Kredit

Bagikan