Pelaku UMKM Ini Ciptakan Inovasi Buat Celana Hanya 30 Menit, Keren!

user
Endang Saputra 04 Juni 2021, 13:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Bandung bernama Pride n Joy berhasil menciptakan inovasi yang begitu kreatif dan keren. Namanya, Fast Pants. Ini adalah produksi celana hanya dengan kurun waktu yang sangat singkat yakni 30 menit saja.

Public Relation Pride n Joy Intan Desyyanti Ibrahim mengatakan, inovasi Fast Pants ini diciptakan dengan menggunakan teknologi yang mulai dikenalkan tahun lalu. Teknologi ini diklaim yang pertama di dunia.

"Ini pertama kali di dunia karena di brand lain masih belum ada yang bisa jadi dalam 30 menit," kata Intan.

Lebih lanjut Intan mengatakan bila celana yang dibuat juga bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan atau custom, mulai dari ukuran, bahan, hingga warna benang. Pride n Joy memberikan tiga pilihan cutting, yakni regular fit, slim straight, dan slim tapered.

"Pelanggan bisa pilih antara tiga cutting ini. Bisa pilih warna benang juga, kemudian bisa pilih size," jelasnya.

Sementara itu, quality control bisa langsung dilakukan oleh pelanggan di tempat sehingga jika ada kekurangan bisa segera ditangani. Yang menariknya adalah harga ekonomis dari pembuatan celana ini.

Pembeli hanya perlu menambah Rp20 ribu untuk setiap potong celana. Jika bahan yang dipakai seharga Rp180 ribu, maka pembeli hanya perlu membayar Rp200 ribu.

"Kalau kita ambil bahan yang harganya Rp360 ribu, ditambah Rp20 ribu juga. Berlaku untuk denim dan chino," kata dia.

Ia mengakui, Fast Pants mampu menekan banyak biaya produksi sehingga produk bisa dijual lebih murah. Meski demikian, kualitas bisa diadu dengan brand lainnya.

"Kualitasnya bagus tapi harganya murah," tutur dia.

Intan menjelaskan, ide Fast Pants pertama kali muncul dari pemilik Pride n Joy, Irham Muhammad Fadhil Karim. Setiap hari, lini busana ini bisa memproduksi sampai 200 potong celana sehingga menurut Irham dibutuhkan teknologi yang memudahkan.

Pandemi membuat peluncuran Fast Pants sempat tertahan. Saat itu, Pride n Joy mulai mematangkan konsep hingga akhirnya fitur ini resmi dirilis pada awal September 2020. Sampai saat ini, rata-rata ada 100 pelanggan per bulan yang memesan lewat fitur Fast Pants.

Menurut Intan, saat ini 80 persen pasar Pride n Joy adalah laki-laki mengingat brand ini memiliki spesialisasi celana berbahan denim. Kedepannya Pride n Joy akan mulai meluncurkan produk untuk wanita juga untuk memperbesar target pasar perempuan. Saat ini fitur Fast Pants baru ada di studio Pride n Joy cabang Bandung. Sementara di cabang lainnya di Tebet, fitur ini direncanakan akan diluncurkan tahun ini.

Kredit

Bagikan