Pjs Wali Kota Bandung imbau wisatawan jaga ketertiban dan kebersihan saat liburan

user
Endang Saputra 16 Juni 2018, 13:43 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Selama libur Lebaran 2018 Penjabat Sementara (Pjs)Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin, mengimbau agar warga maupun wisatawan ke Kota Bandung, Jawa Barat untuk senantiasa menjaga ketertiban dan kebersihan.

"Kita telah berupaya seoptimal mungkin untuk menjadi tuan rumah yang baik. Kami juga berharap para wisatawan ini juga bisa menjadi tamu yang baik," kata Solihin seperti dilansir dari Antara.

Solihin sangat mempersilakan wisatawan, tidak terkecuali warga kotanya, untuk menikmati suasana kota yang nyaman selama liburan. Ia menganjurkan agar warga lebih banyak menghabiskan waktu di taman-taman yang tidak memerlukan banyak biaya.

"Dan yang terpenting mereka, terutama anak-anak, jadi sering main di luar. Jangan terpaku terus pada gadget, mengurung diri di kamar," kata dia.

Sementara itu Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Denny Nurdyana mengatakan bahwa Pemerintah Kota Bandung menerjunkan 1.200 petugas kebersihan selama libur Lebaran yang akan bertugas di seluruh wilayah Kota Bandung terutama area-area wisata.

"Total ada 1.200 petugas kita yang siap bekerja menjaga kebersihan Kota Bandung hingga tujuh hari setelah lebaran," kata Denny Nurdyana, Sabtu (16/6).

Denny mengatakan, Kota Bandung masih menjadi kota favorit tujuan wisata. Hal tersebut tentu akan berdampak pada meningkatnya volume sampah yang dihasilkan.

Meski begitu, ia mengaku siap menghadapi tantangan besar tersebut dengan membagi petugas ke dalam beberapa waktu kerja (shift).

"Seperti biasa pagi, siang, sore, dan malam. Jadi akan bergantian," kata dia.

Walaupun telah menerjunkan petugas, ia tetap mengimbau kepada warga terutama wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan. Ada petugas kebersihan bukan berarti para pelancong bisa buang sampah sembarangan.

"Jangan seenaknya juga. Tolong hargai mereka yang tetap bekerja pada hari libur. Lagi pula, kebersihan itu tanggung jawab bersama," katanya.

Kredit

Bagikan