Bandung Zoo dapat titipan macan tutul dari BBKSDA

user
Endang Saputra 08 Juni 2018, 11:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bandung Zoo menerima satwa titipan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat berupa seekor macan tutul jantan, Senin (4/6). Macan tutul jantan itu memiliki berbobot 25 kilogram dengan perkiraan usia 1,5 tahun.

"Satwa tersebut ditempatkan di kandang di area karantina. Ini adalah proses pemantauaan dan pemulihan kondisi matul karena menurut tim dokter Bandung Zoo matul ini tergolong kurus dan sehat," ujar Marketing Komunikasi Bandung Zoo, Sulhan Syafii dari keterangan tertulis yang diterima Merdeka Bandung, Jumat (8/6).

Kata pria yang akrab disapa Aan itu, pada saat diterima kondisi satwa agak kurus, tetapi untuk ukuran satwa di hutan bobot tersebut bisa dikatakan normal. Hidung kering diduga sedikit dehidrasi. Namun kondisi tersebut mudah-mudahan bisa dipulihkan dalam beberapa hari.

"Saat ditangkap di kandang ayam milik warga macan tutul memang dalam kondisi lapar. Pada saat tiba di Bandung Zoo langsung diberi daging ayam seberat tiga kilogram,"tuturnya.

Saat ini kondisi macan tutul sudah membaik dan kerap mengaum saat ada petugas lewat di dekat kandangnya. Kondisi bulu dan badannya pun mulus tidak ada cacat.

"Macan tutul jantan ini dititipkan sementara di Bandung Zoo sambil menunggu program pelepasliaran ke habitatnya," katanya.

Kredit

Bagikan