1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

PT Kino Indonesia kembali gelar kompetisi untuk memotivasi kaum muda

"Diberlakukannya MEA ini justru menjadi tantangan dan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memenangkan persaingan".

PT Kino Indonesia . ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 23 April 2018 14:33

Merdeka.com, Bandung - PT Kino Indonesia, Tbk kembali menggelar Kino Youth Innovator 2018. Ini merupakan kompetisi tahunan yang bertujuan untuk memotivasi kaum muda agar kreatif dan berani berinovasi untuk memenangkan kompetisi di era pasar bebas.

Senior Manager Product Innovation PT. Kino Indonesia, Tbk, M. Rahmat mengatakan, kompetisi ini diselenggarakan karena dinilai sejalan dengan visi untuk menjadi perusahaan ternama di Indonesia yang berlandaskan ide dan Inovasi, dan terus bergerak untuk menjadi perusahaan yang mendunia tanpa meninggalkan nilai-nilai Iokal.

Kino sadar betuI bahwa, dengan diberlakukannya MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN, kompetisi dunia industri, ekonomi maupun tenaga kerja tentu saja akan semakin ketat. Pada era ini, akan terjadi aliran bebas barang, jasa dan tenaga kerja terlatih serta aliran investasi.

"Diberlakukannya MEA ini justru menjadi tantangan dan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memenangkan persaingan, inovasilah kuncinya," ujar Rahmat kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Institut Teknologi Bandung, Senin (23/4).

Kino Youth Innovator Award (KYIA) pertama kaIi diadakan tahun 2016. Sebagai ajang kompetisi inovasi tahunan, KYIA menyasar ideide terbaru dari mahasiswa seluruh Indonesia. Bila di tahun 2016 mengangkat tema Build Up A Glocal Innovation, dan Advancing Indonesia Through Local Heritage di tahun 2017, tahun 2018 ini beltema Empower Life Through Nature.

Melalui kompetisi ini, Kino kembali mengajak kaum muda untuk mengedepankan sumber daya Indonesia untuk memenangkan kompetisi pasar.

"Glocal atau dari Iokal menuju global, memang menjadi titik berat kompetisi ini, karena kami yakin bahwa Indonesia kaya akan sumber daya Iokal, dan untuk menjadi pemenang, kita harus berani mengangkat apa yang ada di dalam, untuk dibawa keluar," tuturnya.

Sebagai rangakaian dari KYIA, Kino mengadakan Road to KYIA 2018, talkshow bertema 'Tomorrow's Innovator, Embracing Challenges, Shaping the Future' diadakan di 12 universitas di Indonesia, dua diantaranya Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

"Indonesia Iebih inovaiif dari pada yang kita pikirkan. Saat ini Indonesia berada pada indeks tiga di atas rata rata dari Global Competitiveness Index secara keseluruhan. Selama manusia Indonesia berani berinovasi dan mampu mengoptimalkan sumber daya Iokal Indonesia, maka indeks kompetisi Indonesia akan semakin meningkat," papar dia.

Sementara itu, Kino Youth innovator Kino Youth innovator Award (KYIA) merupakan kompetisi ide-ide terbaru dari generasi muda. Kompetisi akan diselenggarakan pertengahan tahun ini.

Bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar berani berinovasi, menemukan sesuatu yang baru yang bermanfaat bagi masyarakat, kompetisi ini diadakan sebagai kompetisi tahunan yang diikuti oieh mahasiswa berbagai univeritas di Indonesia.

(ES/AA)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA