1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Populerkan musik Jazz, The Groove ingin main di kota-kota kecil

"Jadi jazz itu suatu ilmu pengetahuan yang bisa membuka kita berwawasan untuk bermain dengan musik-musik yang lain".

©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 06 Agustus 2018 12:03

Merdeka.com, Bandung - The Groove menjadi salah satu band yang konsisten membawakan musik jazz. Band asal Kota Bandung ini memiliki keinginan untuk semakin memopulerkan musik jazz di tanah air.

Selama 20 tahun berkecimpung di belantika musik Indonesia, band yang beranggotakan Rieka Roslan, Reza Hernanza, Arie Firman, Ari, Tanto, Ali, Rejos, Detta ini telah menghasilkan 5 album.

Rieka Roslan sang Vokalis mengatakan, bahwa The Groove ingin terus memopulerkan musik jazz kepada masyarakat. Melalui berbagai event dari panggung ke panggung yang dilalui The Groove, dia ia ingin melumerkan satu paradigma bahwa jazz adalah musik yang mahal, hanya bisa didengarkan di hotel.

"Dengan tema jazz (Stage Bus Jazz Tour 2018) itu jadi suatu bukti untuk melumerkan satu paradigma bahwa jazz itu adalah musik yang mahal, hanya bisa didengarkan di hotel atau musik yang wangi banget. Kalau engga punya uang engga bisa dengerin, (musik Jazz)" ujar Rieka Roslan kepada awak media saat ditemui di sela acara Stage Bus Jazz Tour 2018 di Paskal 23.

Menurut Rieka, genre musik jazz saat ini sudah melebur dengan banyak sekali genre seperti genre disko, pop, klasik, rock, etnik. Dia menyebut bahwa musik jazz saat ini tidak lagi boleh kaku dan tidak harus beraliran swing.

"Jadi jazz itu suatu ilmu pengetahuan yang bisa membuka kita berwawasan untuk bermain dengan musik-musik yang lain. Ini juga jadi tantangan buat The groove sendiri bahwa ini musik jazz itu tidak kaku dan tidak harus beraliran swing terus bisa melebur dengan beberapa genre musik lain di combine," kata dia.

Rieka mengaku sangat gembira kembali bisa manggung di kota Bandung. Bukan tanpa alasan, sebab di Kota Kembang inilah grup band yang membesarkan namanya itu lahir pada tahun 1999.

"Keren, seru banget. Kita ngos-ngosan juga karena saking happy. Salah satu kenapa kita senang sekali manggung di Bandung, karena memang penontonnya selalu seru, selalu happy, heboh. Kita juga bisa interaktif juga. Jadinya spechless, seru banget," ucap Rieka yang diamini Reza.

Di balik semua pencapaian The Groove hingga saat ini, Rieka mengaku ingin terus memopulerkan musik jazz ke tengah-tengah masyarakat. Salah satu keinginanya yakni ingin manggung di kota-kota kecil.

"Saya pengen The Groove tidak di kota besar, pengen nyambangin ke kota kota Garut, Sukabumi, Tasik, nyambangin kota-kota yang belum tersentuh oleh musik seperti ini. The Groove bukan hanya memainkan musik tapi menjadi suatu sejarah musik seperti ini ada di Indonesia. Kalau kita baca tahun 1999 jazz the only one The Groove yang mainin musik kayak gini dan kita berjuang sampai Papua kita. Memang cukup sulit menyentuh hati orang dengan musik seperti itu, tapi sekarang setiap kota punya festival jazz . Pengen ke kota kecil bergembira ngajak penonton nyanyi nhajari penyanui. Akhirnya indonesia kaya akan budayanya," katanya.

 

(ES/DR)
  1. Musik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA