1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pilkada serentak di Jawa Barat berlangsung aman

Ada tiga daerah yang melaksanakan pilkada yaitu Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.

©2017 Merdeka.com Reporter : Andrian Salam Wiyono | Rabu, 15 Februari 2017 12:43

Merdeka.com, Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meninjau langsung situasi pencoblosan di Kota Cimahi, Rabu (15/2) pagi. Sebagai salah satu daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2017, Aher, sapaan akrabnya menyebut suasana pencoblosan di Cimahi begitu aman.  

"Saya lihat sendiri di sini aman, nyaman dan ayem. Saya ucapkan terima kasih pada KPU dan Bawaslu yang telah menyelenggarakan ini," kata Aher di sela-sela meninjau TPS 01 di Jalan Amir Machmud, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Dia juga mengajak masyarakat Jabar yang memiliki hak suaranya untuk segera datang ke TPS masing-masing. Sebab masa pencoblosan Pilkada serentak akan ditutup sampai pukul 13.00 WIB. Tercatat ada tiga daerah Jabar yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2017 yakni Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.

"Saya mengimbau kepada masyarakat di Cimahi, Tasikmalaya dan Bekasi untuk segera datang ke TPS masing-masing. Dan pilih pasangan calon yang disepakati sesuai dengan hati nurani masing-masing," ujarnya.

Selepas meninjau TPS 1, Aher yang didampingi tim dari KPU dan Bawaslu Jabar serta beberapa pejabat lainnya melihat situasi pencoblosan di TPS 36 di Stasiun Kereta Api Cimahi, Jalan Stasiun, RW 20, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah. Di sana Aher dan rombongan melihat langsung pencoblosan dan melakukan tegur sapa pada masyarakat yang menggunakan hak suaranya di TPS.

Aher yakin partisipasi pemilih pada Pilkada 2017 ini meningkat. "Pantauan terakhir Alhamdulillah berjalan lancar, partisipasi sampai saat ini dalam laporan 50 persen dari masyarakat sudah menggunakan hak pilihnya dan ini Pilkada di Jabar berlangsung di tiga tempat, Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi," kata Aher.

‎Dia menyatakan, dalam beberapa tinjauannya langsung ke beberapa TPS di Kota Cimahi memang ada peningkatan jumlah pemilih. Sejak pagi saja antusias masyarakat Cimahi cukup tinggi dalam menggunakan hak suara.

"Kita lihat di sini tadi ada 500-an (DPT) dan pagi sudah 220 (menggunakan hak suara). Kalau angka partisipasi 250 kan sudah 50 persen itu sudah separuhnya kalau diambil angka partisipasi 90 persen. Kan partisipasi itu 75 persen sangat bagus, semoga lebih tinggi.  Karena ada saja orang yang abai 'ah tidak ada pengaruh langsung pada kehidupan saya," ujarnya.

Dia mengajak masyarakat bisa berbondong-bondng ke TPS untuk menggunakan hak suara sampai habis masa waktu pencoblosan pukul 13.00 WIB.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, ‎pada Pilkada Serentak yang melibatkan tiga daerah langsung pihaknya  bisa menggaet minimal 70 persen pemilih. "Target mah minimal 70 persen. Semoga bisa lebih ya. Tapi kalau lihat tingkat partisipasi sekarang saya yakin bisa lebih dari 70 persen," kata Yayat yang juga mendampingi Aher dalam tinjauannya.

(MH/ASW)
  1. Pilkada Serentak
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA