1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Petugas damkar Kota Bandung selamatkan kucing di dalam sumur 30 meter

Kucing dengan jenis ras lokal berusia 2 tahun tersebut telah berada di dalam sumur selama 12 jam.

Petugas damkar Kota Bandung . ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 20 Agustus 2018 15:44

Merdeka.com, Bandung - Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berhasil menyelamatkan seekor kucing yang masuk ke sumur sedalam 30 meter. Peristiwa ini terjadi di rumah seorang warga yang berlokasi di Jalan Nyengsered Utara No. 240 (belakang RS Immanuel), Kelurahan Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Minggu (20/8) malam.

Salah seorang saksi, yang juga anak pemilik kucing, Ridwan (40) mengatakan, kucing dengan jenis ras lokal berusia 2 tahun tersebut telah berada di dalam sumur selama 12 jam. Pemilik rumah sudah mencoba mengambil kucing dengan tangga namun tidak berhasil.

Pihaknya kemudian menghubungi petugas Diskar PB melalui layanan call center. Setelah mendapat laporan, tim penyelamat Diskar PB Kota Bandung datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, pihaknya menerjunkan satu tim untuk melakukan evakuasi. Tim penyelamat dari peleton 2 melakukan pengamatan untuk melakukan penanganan penyelamatan.

Untuk mengevakuasi kucing ini, petugas menyiapkan sejumlah peralatan seperti tripod, block and tackle, harness. Dengan mengenakan peralatan lengkap, seorang petugas penyelamat masuk ke dalam sumur untuk mengevakuasi kucing.

Setelah masuk ke dalam sumur, petugas kemudian mengangkat kucing malang tersebut secara perlahan dengan menggunakan teknik hauling.

"Eksekusi dilakukan dengan cara menggunakan system Block and Tacle kurang lebih 10 menit," ujar Ferdi.

Petugas penyelamat akhirnya berhasil membawa kucing ke atas. Penanganan dan evakuasi kucing akhirnya selesai selama satu jam. Setelah kucing berhasil diangkat, petugas kemudian memberikan kepada sang pemilik.

(ES/DR)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA