1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pendidikan kebencanaan perlu ditanamkan sejak kecil

Secara geografis wilayah Indonesia memang sangat rentan dengan bencana.

©2016 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Minggu, 03 April 2016 14:59

Merdeka.com, Bandung - Pendidikan menjadi media paling tepat untuk mengedukasi masyarakat terkait kesigapan menghadapi bencana. Untuk itu, pendidikan kebencanaan perlu ditanamkan sejak kecil melalui sekolah.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Hartono  saat menghadiri acara Rakernas Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang membahas kesigapan menghadapi bencana di Hotel Mutiara, Jalan Kebon Kawung, Sabtu (2/4).

Agus menuturkan, secara geografis wilayah Indonesia memang sangat rentan dengan bencana. Sebab Indonesia berada tiga lempeng atau yang dikenal dengan ring of fire

"Kami tidak mungkin pindah dari Indonesia. Sekarang tinggal bagaimana kita mengedukasi kepada masyarakat supaya aware dan bisa tinggal bersama sama dengan bencana yang bisa setiap saat terjadi," ujar Agus.

Menurut Agus pendidikan kebencanaan harus diberikann kepada anak-anak sejak dini. Hal ini seperti yang dilakukan di negara-negara maju.

"Jadi misalnya ketika terjadi kebakaran dalam suatu gedung. Bagaimana dia harus berlari, menuruni tangga, kemudian tidak usah panik ketika mendengarkan sirine saat mobil datang. Nah mereka harus sudah terbiasa. Di negara maju sudah diajarkan seperti itu," katanya.

Untuk mengakomodasi hal itu, pihaknya mengaku sudah mendorong hal tersebut melalui Kementerian Pendidikan dengan memasukkan pendidikan kebencanaan ke dalam kurikukum sekolah.

"Jadi memasukan konten kebencanaan dalam kurikulum pendidikannya di sekolah. Kita harus mendorong itu," ungkapnya.

(MH/DR)
  1. Layanan Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA