1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Pemkot Bandung buka lowongan untuk 790 CPNS tahun ini

"Kita sudah mendapatkan informasi dari Kemenpan, bahwa Kota bandung mendapatkan formasi kurang lebih 790 orang. Dari 848 formasi yang diusulkan".

Plh Wali Kota Bandung Dadang Supriatna. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Selasa, 18 September 2018 10:54

Merdeka.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini. Untuk tahun ini ada 790 formasi lowongan CPNS di Pemkot Bandung.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Dadang Supriatna mengatakan, Pemkot Bandung awalnya mengajukan 848 formasi untuk CPNS. Namun sebanyak 790 formasi yang disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

"Kita sudah mendapatkan informasi dari Kemenpan, bahwa Kota bandung mendapatkan formasi kurang lebih 790 orang. Dari 848 formasi yang diusulkan oleh Pemkot Bandung," ujar Dadang kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Senin (17/9).

Dadang mengungkapkan, untuk proses penerimaan CPNS ini dilakukan dengan dua mekanisme yakni secara umum dan khusus. Untuk mekanisme umum yakni siapa saja boleh melamar sesuai dengan persyaratan di masing-masing formasi. Sementara untuk mekanisme khusus disediakan kuota bagi khusus bagi beberapa pelamar.

Untuk formasi umum sebanyak 719 formasi yang terdiri dari tenaga guru sebanyak 264 formasi, tenaga kesehatan 253 formasi dan tenaga teknis 202 formasi.

Sementara untuk formasi khusus sebanyak 71 formasi. Jumlah ini terdiri dari eks tenaga honorer - kategori II tenaga guru sebanyak 23 formasi. Kemudian kuota untuk lulusan Cumlaude sebanyak 40 formasi dengan perincian tenaga guru sebanyak 18 formasi, tenaga Kesehatan 13 formasi dan tenaga teknis 9 formasi. Selain itu juga ada formasi khusus untuk penyandang disabilitas sebanyak 8 formasi.

"Secara khusus kuotanya diatur, pertama adalah untuk formasi K2 terdiri kemarin yang kelompok K2 itu 23 orang. Kemudian ada formasi yang lulus cumlaude, dimana persyaratan untuk perguruan tinggi negeri yang memiliki akreditasi A. Itu (jumlahnya) kurang lebih 5 persen ya sekitar 40 orang. Dan ketiga umtuk penyandang disabilitas itu kuotanya 1 persen atau kurang lebih 8 orang," ungkapnya.

Dadang mengungkapkan untuk proses pendaftaran akan dimulai pada 19 September hingga 3 Oktober mendatang. Para pelamar bisa mendaftarakan diri secara online melalui portal khusus yang disediakan.

"Nanti ada pengumumannya dikirimkan kepada alamat yang harus dikirim. Tapi intinya prosesnya melalui daring. Tidak ada pendaftaran melakui BKPP di kita," kata dia.

Adapun untuk pelaksaan tes CPNS rencananya akan dilaksanakan di Arcamanik Sport Center. Pelaksanaan tes pun dilakukan dengan menggunakan komputer.

"Rencana itu pelaksanaan tes di Arcamanik. Itu pake komputer," ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bandung Atet Dedi Handiman menambahkan berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 295 tahun 2018 tentang kebutuhan pegawai ASN di lingkungan kota bandung tahun anggaran 2018 sebanyak 790 orang. Untuk formasi khusus sebanyal 71 formasi terdiri dari eks renaga honorer - kategori II tenaga guru sebanyak 23 formasi.

Untuk formasi ini memiliki sejumlah ketentuan diantaranya diperuntukan bagi eks tenaga honorer kategori II yang terdaftar dalam database BKN dan memenuhi perysratan perundang undangan sebagai tenaga pendidik atau tenaga kesehatan. Selain itu usia paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Agustus 2018, masih aktif bekerja secara terus menerus sampai sekarang.

"Bagi tenaga pendidik minimal berijazah strata 1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi tenaga honorer kategori II pada tanggal 3 novemner 201 serta memiliki tanda bukti nomor ujian tenaga honorer kategori 2 tahun 2013," katanya.

 

(ES/DR)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA