1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Optimis bersaing di pasar truk ringan, Kuzer siap ambil market tahun depan

"Kita memang sudah launching dari bulan Agustus lalu di GIIAS. Secara nasional Kuzer ini bisa menjual hingga 500 unit".

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 03 Oktober 2018 11:53

Merdeka.com, Bandung - Secara resmi, Astra UD Trucks memperkenalkan truk kelas ringannya yakni Kuzer. Kehadiran Kuzer membawa optimisme tinggi bagi Astra UD Trucks untuk mampu bersaing dalam pasar truk ringan di Tanah Air. Optimisme itu ditunjukkan dalam target meraih market share yang cukup tinggi ditahun ini dan tahun depan.

Branch Head PT Astra UD Trucks Cabang Bandung, Heri Guswendi mengatakan, segmen pasar kelas ringan dengan kapasitas GVW lima hingga 10 ton merupakan segmen pasar terbesar di Indinesia saat ini. Data semester I 2018 menunjukkan 82 persen dari total pasar truk dikuasai oleh truk kelas ringan.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan peningkatan kebutuhan truk di Jawa Barat menunjukkan peningkatan sebesar 40 persen pada pasar segmen truk secara total di semester I 2018. Sementara itu, pasar truk ringan dengan mengalami peningkatan sebesar 31 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Kita memang sudah launching dari bulan Agustus lalu di GIIAS. Secara nasional Kuzer ini bisa menjual hingga 500 unit. Untuk Jabar sendiri mematok sampai akhir tahun bisa menjual 10 persen dari market share. Ya, sekitar 100 unit sampai akhir Desember. Untuk tahun 2018 kami mematok bisa masuk 20 persen market share," ujar Heri kepada Merdeka Bandung, Selasa (2/10).

Ia menjelaskan, dengan mulai dipasarkannua Kuzer di Jawa Barat, produk yang sangat inovatif ini difokuskan untuk mendukung sektor infrastruktur dan konstruksi di Indonesia termasuk sektor logistik dan Consumer Goods. Kuzer sudah melalui berbagai macam tes di Infonesia, termasuk pengecekan kualitas yang dilakukan langsung oleh UD Trucks Jepang.

Untuk Jawa Barat, lanjutnya, penjualan truk kelas ringan ini memang terbilang baik. Khususnya untuk lima kota yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Karawang, Purwakarta, dan Cirebon. Cirebon dinilai memiliki potensi besar karena wilayahnya yang melintasi jalur pantura.

"Market di Jawa Barat yang nomor satu itu masih di Bandung Kota, Bandung Kabupaten, Karawang, Purwakarta, dan Cirebon. Pasar yang mau kita bidik dan ambil di kuzer ini ada di Cirebon karena kita sudah buka outlet disana. Cirebon ini lintas pantura jadi kita buka cabang disana karena potensinya yang baik," kata dia.

Produk ini hadir dengan didukung jaminan ketersediaan spare part yang asli dan berkualitas, mekanik yang handal serta jaminan dukunhan layanan purna jual yang terintegrasi diseluruh jaringan bisnis Astra UD Trucks di Indonesia.

(ES/AA)
  1. Bisnis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA