1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Oded minta PD Pasar dan pengelola lakukan audit sistem kelistrikan Pasar Gedebage

"Iya saya perintahkan PD Pasar dan pengelola pasar Gedebage untuk melakukan audit sistem kelistrikan," ujar Oded.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 16 Juli 2018 16:31

Merdeka.com, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menginstruksikan kepada PD Pasar dan pihak pengelola Pasar Gedebage untuk melakukan audit terkait sistem kelistrikan di pasar tradisional.

"Iya saya perintahkan PD Pasar dan pengelola pasar Gedebage untuk melakukan audit sistem kelistrikan," ujar Oded kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Senin (16/7).

Menurut Oded, hal itu penting dilakukan untuk mengecek sejauh mana kelayakan sistem kelistrikan yang ada di bangunan pasar. Apalagi kejadian kebakaran di Pasar Gedebage bukanlah yang pertama kali terjadi.

"Biasanya musibah kebakaran yang terjadi di pasar seringkali disebabkan dari konsleting listrik. Jadi saya mengimbau ke depan dinas terkait dan PD Pasar untuk meningkatkan langkah preventif, salah satunya dari keberadaan alat-alat untuk menanggulangi kebakaran. Minimal Alat Pemadam Api Ringan (APAR), untuk yang lebih besar kan harus ada hidrant. Jadi pertama, audit instalasi listrik kemudian alat-alat untuk penanggulangan kebakarannya," ucapnya.

Oded mengungkapkan, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada PD Pasar untuk menyiapkan tempat relokasi sementara untuk para pedagang. Sehingga mereka dapat tetap berjualan sembari menunggu perbaikan bangunan.

"Di sana kan di lahan Pasar Gedebage ada milik PD pasar dan ada milik PT Ginanjar (pengelola pasar). Kalau yang terbakar kemarin itu di lahan milik PT Ginanjar. Teman-teman PD Pasar juga sudah mempersiapkan lahan untuk menjadi tempat berjualan sementara," kata dia.

Diketahui, peristiwa kebakaran yang melanda Pasar Gedebage, Jalan Sukarno-Hatta, Kelurahan Mekar Mulya Kecamatan Panyileukan Kota Bandung pada Minggu (15/7) dinihari diduga terjadi akibat hubungan arus pendek.

(ES/DR)
  1. Pasar Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA