1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Momen haru di hari terakhir Ridwan Kamil menjabat sebagai wali kota Bandung

"saya mohon maaf lahir batin kepada warga Bandung khususnya jika selama 5 tahun tentulah saya ada kekurangan," kata Emil.

Ridwan Kamil. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Selasa, 04 September 2018 16:49

Merdeka.com, Bandung - Ridwan Kamil akan dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat,Rabu (5/8) besok di Istana Negara. Hari ini menjadi hari terakhir Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Secara khusus pria yang akrab disapa Emil ini menyampaikan permohonan maaf kepada warga Bandung jika selama 5 tahun dirinya menjabat banyak kakurangan.

"Pesan di hari terakhir ini, saya mohon maaf lahir batin kepada warga Bandung khususnya jika selama 5 tahun tentulah saya ada kekurangan ya, ada kekhilafan tapi percayalah saya 5 tahun bekerja keras siang malam membela Kota Bandung. 345 penghargaan adalah saksi sejarah bagaimana saya mengubah 345 hal yang dulu lambat atau lelet atau kurang baik menjadi baik atau luar biasa. Tapi kekurangan masih ada," ujar Emil kepada awak media seusai mengemasi barang-barang di ruangannya, Selasa (4/9).

Emil pun menyampaikan kesannya selama menjabat sebagai wali kota. Salah satu hal paling membahagiakan selama menjabat sebagai wali kota, kata Emil yakni melihat warganya semakin bahagia.

"Yang paling membahagiakan melihat rakyat Bandung sekarang bahagia, dari tiap ketemu, cara berinteraksi sampai disurvei pun mengkonfirmasi warga Bandung ini warga paling bahagia di Indonesia. Kalau diukur pasti banyak dimensi-dimensinya, tapi rasa bahagia itu tercermin lah dan wartawan bisa lihat ekspresi-ekspresi warga di berbagai event atau tempat begitu adanya. Dan jangan khawatir tadi insyaallah saya bantu urusan-urusan Bandung yang tidak selesai oleh wali kota seperti masalah banjir transportasi,"ucapnya.

Emil mengaku tidak mempunyai cita-cita menjadi kepala daerah. Namun langkahnya saat memutuskan maju di Pilwalkot Bandung 2013 lalu mengubah jalan hidupnya dari dunia arsitek yang digelutinya selama ini.

"Saya terus terang enggak pernah punya cita-cita ya jadi wali kota, gubernur. Itu belokan sejarah di 2013, tapi dimanapun saya ditempatkan saya bertekad harus memberikan yang terbaik. Dulu jadi arsitek selalu 10 besar banyak menang award dan sebagainya. Pindah profesi, dunia baru saya belajar tahun pertama, saya kebut tahun kedua ketiga kan. Hasilnya kita panen dengan pencapaian yang tadi saya sebutkan," kata Emil.

Emil pun tak lupa menyampaikan terima kasih kepada awak media di lingkungan Balai Kota Bandung yang selama ini mengikuti kegiatan wali kota. Dengan mata berkaca-kaca, Emil pun menyampaikan permohonan maaf.

"Dan juga kepada teman-teman media hatur nuhun atas segalanya. Hampura (mohon maaf). Itu aja," ucap Emil sembari berkaca-kaca.

 

(ES/DR)
  1. Info Kota
  2. Ridwan Kamil
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA