1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Minggu depan, FEB Unpad akan gelar digital innovation summit

"FEB memiliki kepedulian untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menjawab kebutuhan literasi digital".

FEB Unpad. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 10 September 2018 15:17

Merdeka.com, Bandung - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (FEB UNPAD) menggandeng Kementerian Pariwisata dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyelenggarakan Digital Innovation Summit pada hari Jumat (21/9).

Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri oleh sekitar 1.000 orang dari berbagai elemen ekosistem bisnis digital di tanah air seperi para praktisi Fintech, bisnis Startup, regulor, selain juga mahasiswa dan kalangan akademisi.

"Perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat dalam dekade terakhir. FEB memiliki kepedulian untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menjawab kebutuhan literasi digital. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNPAD menyambut tantangan revolusi industri 4.0 ini dengan berupaya menguatkan pemberdayaan ekosistem digital," ujar dekan FEB UNPAD, Yudi Azis dari keterangan tertulis diterima Merdeka Bandung, Senin (10/9).

Dalam kegiatan Digital Innovation Summit juga akan diluncurkan program nasional Keminfo untuk menciptakan 1.000 digital talent scholarship yang akan melibatkan UNPAD, ITB, UI, ITS dan UGM. Program pendidikan dua bulan ini akan mencetak 1.000 lulusan yang akan memahami isu penting dalam dunia digital seperti cyber security dan bisnis digital.

"FEB UNPAD merasa terhormat menjadi tuan rumah dalam peluncuran kegiatan bergengsi ini yang akan mulai bulan Oktober serentak di lima kampus besar di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Penanggung jawab kegiatan Dies Natalis FEB UNPAD, Hamzah Ritchi menambahkan, perkembangan teknologi informasi dan transaksi pada masyarakat telah mendorong inovasi di berbagai dimensi peradaban di dunia.

"Secara masif dan intensif, beragam inovasi ini memungkinkan terciptanya model-model bisnis baru yang berpotensi mentransformasi radikal struktur organisasi, persaingan dan pemanfaatan informasi dalam berbagai sektor kehidupan. Kegesitan dan kemampuan membaca proposisi nilai sebuah proses bisnis menjadi kunci kemampuan bertahan talenta individu dan organisasi secara berkesinambungan,"papar Hamzah.

Secara umum akan terdapat tiga rangkaian kegiatan, yakni pre-event Digital Marketing Training (12 hingga 14 September 2018), Digital Innovation Summit (DIS) dan FEB Nite (keduanya di tanggal 21 September 2018). Bekerjasama dengan Telkomsel dan Indonesia Next, Digital Marketing Training membuka kesempatan bagi 500 peserta mahasiswa yang akan mengikuti pelatihan pemasaran digital.

Beberapa pilihan materi yang disediakan yaitu, Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6 atau CC. 100 peserta yang berhasil lolos exam akan mendapatkan sertifikat official.

Menteri Komunikasi dan Informasi dan Menteri Pariwisata akan menjadi pembicara utama pada kegiatan DIS 2018 yang dilanjutkan dengan dua sesi plano yang melibatkan Telkomsel, Line dan Grab. FEB Unpad juga memfasilitasi acara breakout session bersama beberapa startup seperti Sayurbox, Hara, Noompang, Sharing Vision, dan e-resto.

Acara ini juga merupakan perhelatan yang akan mengikutsertakan berbagai start-up digital yang akan mempresentasikan atau mendemonstrasikan solusi dan proses bisnis yang dilakukan. Pada acara ini juga akan dilakukan peresmian Pusat Studi Inovasi Digital dibawah FEB.

Pada malam harinya akan diselenggarakan acara FEB Nite yang merupakan malam apresiasi bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni. Kegiatan FEB Nite juga akan menampilkan aneka seni budaya kreasi para dosen dan mahasiswa FEB UNPAD.

(ES/AA)
  1. Info Kampus
  2. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA