1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Meski unggul di Survei, Emil masih butuh tambahan dukungan partai

"Mudah-mudahaan dalam waktu minggu depan ada tambahan partai," kata Emil.

Ridwan Kamil salah satu bakal calon di Pilgub Jabar. ©2016 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Minggu, 08 Oktober 2017 13:41

Merdeka.com, Bandung - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru Pilgub Jabar 2018. Hasil survei menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil berada di posisi teratas yakni sebesar 34,2 persen.

Pria yang akrab disapa Emil ini unggul dari tokoh lain yang sering disebut-sebut bakal maju di Pilkada Jawa Barat 2018 seperti Deddy Mizwar, Dede Yusuf dan Dedi Mulyadi.

Menanggapi hal tersebut, Emil mengaku bersyukur jika hingga saat ini masih berada di posisi teratas dalam hasil survei. Menurut dia, hal itu mencerminkan kepercayaan masyarakat kepada dirinya.

"Kalau ternyata masih nomor satu alhamdulillah. Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat masih berada pada saya yang mungkin dipersepsi punya kelayakan yang memadai gitu," ujar Emil kepada wartawan.

Emil pun mengaku telah bersiap untuk mengikuti Pilkada Jabar yang akan digelar beberapa bulan lagi. Bahkan terkait keikutsertaannya di Pilgub Jabar, membuatnya harus cuti sebagai wali kota Bandung

"Saya pertengahan Januari kalau tidak ada halangan harus cuti. Jadi (tugas) sebagai wali kota Bandung tinggal 3 bulan lagi," ujarnya.

Ditanya perkembangan keikutsertaannya di Pilgub Jabar, Emil mengaku belum berubah. Dia menyebut hingga saat ini baru dua partai yang telah menyatakan dukungannya yakni Nasdem dan PKB.

"Perkembangan ya semua juga belum ada, kecuali Ridwan Kamil punya dua surat (SK dukungan). Yang lain-lain kan baru berwacana-wacana aja. Suratnya juga belum. Mudah-mudahaan dalam waktu minggu depan ada tambahan partai," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, LSI-Denny JA merilis hasil survei terbaru Pilgub Jabar 2018. Survei yang digelar pada 22 - 29 September 2017 itu dengan menggunakan metode multi stage random sampling kepada 440 responden yang tersebar di Jawa Barat dengan margin error sebesar 4,8 persen.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas Emil mencapai 40 persen. LSI sendiri merilis 21 nama bakal calon Gubernur Jabar potensial 2018. Dari berbagai kategori penilaian Ridwan Kamil selalu berada di posisi atas. Untuk simulasi terhadap empat nama Emil memperoleh 34,2 persen, Dede Yusuf 28,3 persen, Deddy Mizwar 21,6 persen dan Dedi Mulyadi di posisi buncit dengan perolehan 13,7 persen.

(MT/DR)
  1. Pilgub Jabar
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA