1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Menjaga stamina tubuh dengan air liur lebah yang kaya manfaat

"Produk ini merupakan hasil riset kampus dari Ilmu Teknologi Hayati Jurusan Bioengineering Institut Teknologi Bandung".

Bio-N. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 10 September 2018 11:57

Merdeka.com, Bandung - Air liur lebah atau lebih dikenal dengan nama propolis bukanlah produk baru di dunia kesehatan. Banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh air liur lebah ini membuat cukup banyak orang yang mengkonsumsinya. Tingginya minat terhadap propolis membuat Bio-N menawarkan produk tersebut.

Pemilik Bio-N, Yuanita Handayati mengatakan, sebenarnya ada dua produk yang ditawarkan oleh Bio-N yakni propolis dan oils. Namun, propolis menjadi produk unggulannya. Soalnya sejak dirilis pada 2016 silam, produknya berhasil mencuri perhatian pasar.

"Produk ini merupakan hasil riset kampus dari Ilmu Teknologi Hayati Jurusan Bioengineering Institut Teknologi Bandung yang kami pikir sayang ya kalau cuma hanya berakhir di laboratorium saja. Makanya kita berupaya mengkomersilkan ini karena memang berpotensi," ujar Yuanita kepada Merdeka Bandung, Senin (10/9).

Propolis, kata dia, merupakan air liur lebah trigona yang memiliki banyak khasiat. Di antaranya untuk menjaga stamina tubuh. Produk ini dihasilkan dari lebah yang dipelihara menggunakan Sarang Motive (Modular Tetragonula Hive) yang merupakan penemuan dari salah satu founder Bio-N.

Bio-N propolis dibuat dengan campuran pelarut alami non alkohol yang tinggi akan antioksidan yaitu minyak biji anggur, minyak zaitun, dan minyak kacang. Untuk itulah produk ini mampu dinyatakan halal dan aman dipakai oleh segala kalangan ditambah lagi dengan segala manfaat dari pelarut-pelarut tersebut.

Manfaat minyak zaitun mampu menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, melancarkan pencernaan, mencegah penuaan dini, mengurangi resiko kanker, dan menurunkan tekanan darah.

Untuk minyak kacang memiliki manfaat yaitu dapat mengontrol tingkat kolesterol pada tubuh, memperbaiki fungsi jantung, menurunkan teksnan darah tinggi, mencegah kanker dan alzheimer, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Sementara itu, minyak biji anggur memiliki manfaat untuk perawatan kulit dan rambut, menjaga kesehatan jantung, menyeimbangkan tingkat kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, menstimulasi aktivitas kognitif, dan mencegah penyakit-penyakit kronis.

"Propolis itu biasanya diekstrak pakai alkohol, tapi kita pakai minyak biji-bijian karena hasil antioksidannya jauh lebih besar dibandingkan yang pakai alkohol. Untuk propolis ini karena aman jadi bisa dikonsumsi okeh anak dari usia tiga tahun tapi hanya satu tetes saja," jelasnya.

Dijual dalam kemasan botol 10 mili liter, propolis ini dibanderol dengan harga Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu saja. Untuk memaksimalkan manfaat produk ini ada baiknya dikonsumsi sehari sekali secara rutin.

(ES/AA)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA