1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Menghaluskan kulit dengan rutin konsumsi air beras coklat

"Beras dioseng sampai matang gitu, lalu direndam dengan air, kalau sudah mendidih baru diambil airnya".

cai beas coklat . ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 06 Agustus 2018 11:53

Merdeka.com, Bandung - Memiliki kulit bersih dan mulus tentu menjadi idaman setiap orang. Tak hanya bagi kaum hawa saja, kini tak sedikit para pria yang menjaga kebersihan kulitnya untuk tampil maksimal. Perawatan dengan harga yang fantastis kerap dilakukan untuk mendapat kulit halus sempurna.

Padahal, ada begitu banyak cara tradisional yang bisa membuat kulit halus tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air beras coklat. Mengkonsumsi air beras coklat ini secara rutin diyakini mampu membuat kulit halus.

Founder Sawarga Loka, Saskia Karina mengatakan, pamoritas beras coklat memang tak setenar beras merah ataupun beras putih. Padahal, beras coklat diketahui memiliki begitu banyak manfaat karena kandungan nutrisi yang begitu kaya pada beras ini.

Saskia bercerita, Sawarga Loka merupakan produsen beras coklat asal Ciparay yang sudah eksis sejak lama. Secara keseluruhan dari hulu ke hilir, beras coklat dengan nama Ciparay Wangi ini diproduksi sendiri di atas lahan pribadi milik dua orangtuanya.

Menggunakan benih yang dikembangkan secara khusus oleh sang ayah, Saskia menuturkan, beras coklat produksinya beda dengan beras lainnya. Saat dimasak, aromanya begitu sedap. Keluarga Saskia sudah biasa mengkonsumsi beras coklat. Bahkan bukan hanya dimasak menjadi nasi, beras coklat ini juga kerap diolah untuk menjadi sebuah minuman.

"Dari kecil saya sudah biasa minum air beras coklat, rasanya begitu enak. Pas saya baca literatur ternyata ini bisa buat kulit halus. Dari ditu terpikir kenapa tidak coba dijual saja biar lebih banyak lagi orang yang merasakan manfaat dari beras coklat ini," ujar Saskia kepada Merdeka Bandung, Minggu (5/8).

Pada dasarnya, beras coklat merupakan beras putih yang prosesnya dilakukan secara sempurna dalam artian hanya melewati proses sekali penggilingan. Teksturnya terbilang lebih kasar dibandingkan beras putih yang sangat lembut. Namun, manfaat dari beras coklat tentunya lebih banyak ketimbang beras putih.

Untuk air beras coklat ini, jelas Saskia, banyak orang yang menilai bahwa ini merupakan air rendaman beras. Namun, itu salah besar. Air beras coklat ini didapat dari proses beras merah yang dioseng tanpa minyak hingga matang laku diberikan air.

"Beras dioseng sampai matang gitu, lalu direndam dengan air, kalau sudah mendidih baru diambil airnya. Banyak yang bilang ini rendaman air beras padahal bukan," tuturnya.

Sebotol air beras coklat ini dibanderol dengan harga 15 ribu. Untuk mendapat hasil maksimal, konsumsi air beras sekali setiap harinya. Jika ingin mendapat hasil maksimal, konsumsi pula beras coklat sebagai pengganti nasi putih.

Nyatanya beras coklat memiliki khasiat mampu menurunkan resiko kanker usus besar, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker payudara, menurunkan kolesterol, membantu menjaga berat badan, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

(ES/AA)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA