1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Mengenal 28 gunung yang ada di Indonesia lewat buku 'Ekspedisi 28 Gunung'

"Ini adalah sebuah momen dan karya anak bangsa yang berhasil membacakan teks Sumpah Pemuda secara serentak di 28 gunung".

Ekspedisi 28 Gunung. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 29 Oktober 2018 10:19

Merdeka.com, Bandung - Tahun lalu, momen Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober diperingati oleh Eiger lewa tim Eiger Adventure Service Team (EAST) dengan melakukan ‘Ekspedisi 28 Gunung’. Ekspedisi ini dilakukan oleh 28 tim di 28 gunung yang tersebar dari Indonesia bagian Barat hingga Timur.

Dalam ekspedisi tersebut, tim pendaki melakukan pembacaan teks Sumpah Pemuda di 28 titik tertinggi nusantara secara serentak tepat pada pukul 10.00 WIB. Ini menjadi momen bersejarah karena tentunya bukan hal mudah melakukan ‘Ekspedisi 28 Gunung’ ini.

Mengabadikan momen berharga tersebut, sebuah buku akan segera diluncurkan sebagai bukti atas kerja keras begitu banyak tim yang telah melakukan ‘Ekspedisi 28 Gunung’. Rencananya, buku tersebut akan diluncurkan akhir tahun ini.

EAST manager, Galih Donikara mengatakan, proses pembuatan buku ‘Ekspedisi 28 Gunung’ ini masih berlangsung. Bila tak ada halangan, buku akan rampung akhir tahun dan segera diluncurkan tahun ini pula. Bukupun rencananya akan mulai dijual pada awal tahun depan.

"Ini adalah sebuah momen dan karya anak bangsa yang berhasil membacakan teks Sumpah Pemuda secara serentak di 28 gunung. Makanya kami abadikan lewat sebuah buku," ujar Galih kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Eiger Adventure Flagship Store, Jalan Sumatera, Minggu (28/10).

Tak hanya buku, ekspedisi ini juga telah dirangkum dalam bentuk dokumentasi foto dan video, dan roadshow ‘Ekspedisi 28 Gunung’ dibeberapa kota perwakilan. Bukan hanya itu saja, Eiger juga meluncurkan produk khusus ‘Ekspedisi 28 Gunung’.

"Tidak hanya menjadi upaya dalam memperkenalkan keindahan dan kekayaan alam bangsa, ekspedisi ini juga memiliki pesan yang kuat untuk menumbuhkan kecintaan pada tanah air, memperluas pemahaman bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan, sekaligus mempererat hubungan antar pemuda di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.

Sebab, 28 gunung yang masuk dalam ekspedisi ini adalah Pulau Sumatera terdiri dari Gunung Kemiri, Gunung Sibuatan, Gunung Talang, Gunung Masurai, Gunung Kerinci, Gunung Dempo, Gunung Patah, dan Gunung Pesagi. Untuk daerah Jawa ada Gunung Pulosari, Gunung Ciremai, Gunung Slamet, Gunung Merapi, dan Gunung Semeru.

Kemudian di Pulau Kalimantan, Gunung Palung, Gunung Rorekatimbu, Gunung Halau Halau, Gunung Beriun, dan Gunung Kelimutu. Pulau Sulawesi ada Gunung Klabat, Gunung Tambusisi, Gunung Gandang Dewata, Gunung Mekongga, dan Gunung Latimojong. Untuk Ambon, NTT, NTB, dan Papua ada Gunung Binaya, Gunung Tambora, Gunung Koya Koya, Gunung Rinjani, dan Gunung Carstensz.

 

 

(ES/AA)
  1. Info Kota
  2. Sumpah Pemuda
  3. Pendakian Gunung
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA