1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Medina Zein berikan motivasi kepada kawula muda Bandung untuk tekuni bisnis

"Sempat merasakan praktek di salah satu rumah sakit, capek banget. Aku saat itu sudah punya anak, enggak ada waktu kalau harus kerja begitu".

Diskusi publik. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 12 April 2018 10:29

Merdeka.com, Bandung - Miliarder muda, Medina Zein didapuk menjadi pembicara dalam acara 'XL Future Leaders' ke tujuh di di Bandung Creative Hub (BCH), Rabu (11/4). Dalam kesempatan tersebut, wanita berhijab ini memberikan motivasi bagi puluhan muda-mudi Kota Kembang untuk menekuni karier sebagai pebisnis.

Pernah dengar kalimat, 'bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai?'. Itulah yang dilakukan oleh adik ipar dari aktris seksi Rahma Azhari. Bermodal nekad, Medina memulai bisnisnya hanya dengan uang Rp 500 ribu. Tentunya angka tersebut sangatlah minim.

Melihat Medina yang memulai bisnis sejak duduk dibangku kuliah, tentunya uang tersebut cukup bernilai besar kala itu untuknya. Namun, ia yang bertekad ingin meraih kesuksesan berusaha untuk nekad menekuni bisnis dan tidak pernah terbayang bisa sesukses ini.

Ia bercerita, mengenyam pendidikan bidang perawatan sebagai bidan, rupanya lelah fisik begitu terasa. Terlebih, Medina yang kala itu telah memiliki seorang buah hati merasa sulit membagi waktu dan justru membuat tubuhnya kelelahan bukan main.

"Sempat merasakan praktek di salah satu rumah sakit, capek banget. Aku saat itu sudah punya anak, enggak ada waktu kalau harus kerja begitu. Kepikiran buat bisnis online, saya berjualan produk kecantikan. Masih jadi reseller soalnya dulu jualannya produk orang lain," ujar Medina disela-sela talkshownya dalam acara yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk, Rabu (11/4)

Tahun 2011, instagram masih belum sepopuler sekarang. Belum ada sistem endorse berbayar dan iklan berbayar yang kini menjadi lahan memcari uang bagi cukup banyak orang. Kala itu, Medina memanfaatkan instagram sebagai lahan bisnisnya.

"Waktu 2011 itu instagram baru-baru happening. Sistem endorse dulu masih belum berbayar, free. Jadi aku memulainya dari situ. Memanfaatkan teman-teman dan influencer lainnya. Sedikit-sedikit promosinya biar perlahan dikenal produk aku dan ternyata ampuh," jelas dia.

Ia menjabarkan, keuntungan yang didapatkan sejak awal berjualan kerap digunakannya sebagai modal. Perputaran uang itu lah yang membuat bisnis Medina terus berkembang.

Pertumbuhan pesat bisnis yang dijalaninya ini tentu bukan tanpa hambatan. Sejak memutuskan untuk menekuni bisnis produk kecantikan, produknya sempat diragukan. Bukan berlatar belakang seorang dokter kecantikan membuat keraguan konsumen muncul.

"Duh ini ownernya bukan dokter ya, jadi ada ketakutan gitu dari konsumen. Cuma aku membuktikan, aku menggandeng dokter yang memang profesional dan masih tetap bertahan bareng aku. Aku juga bakal bekerjasama dengan dokter bedah plastik," paparnya.

Ketekunan dan kesabaran Medina dalam menekuni bisnis menjadi modalnya untuk fokus dan meraih kesuksesan. Itu lah semangat yang kerap disampaikan oleh Medina saat didapuk menjadi seorang pembicara dalam acara talkshow.

Dengan bertitle MD Clinic, bisnis produk kecantikan dan perawatan kecantikan yang ditekuninya berhasil meraih kesuksesan. Tak heran bila predikat milyarder muda disematkan padanya.

(ES/AA)
  1. Bisnis
  2. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA