1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Mau investasi properti, perhatikan beberapa hal ini

"Yang penting adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli".

properti. ©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Selasa, 17 April 2018 15:12

Merdeka.com, Bandung - Tergiur untuk terjun melakukan investasi properti namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pendiri Crown Group, Iwan Sunito memberikan tips dan trik sebelum melakukan investasi properti agar Anda tidak salah langkah.

Crown Group yang merupakan perusahaan pengembang properti terkemuka Australia yang berbasis di Sydney ini memang tengah berkembang. Perkembangan ini tidak lepas dari Iwan dan tim yang begitu jeli dalam melihat peluang dalam investasi properti.

Kata Iwan, untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi. Faktor lokasi menjadi yang utama selain reputasi pengembang dan desain bangunan adalah karena lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan investasi kita di masa mendatang.

"Yang penting adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau etablished," ujar Iwan dari siaran pers yang diterima Merdeka Bandung, Selasa (17/4).

Ia menjabarkan, kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan CBD, karena peningkatan harga akan lebih terukur.

"Lokasinya dekat dengan apa? Lalu, bagaimana dengan demografi, kondisi pasar, fasilitas umum, pertumbuhan harga, daya sewa di daerah tersebut? Hal-hal tersebut harus diperhatikan," tutur dia.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, Iwan memberikan ilustrasi mengenai hal-hal tesebut dengan memberikan sebuah overview lokasi kawasan Eastlakes yang akan menjadi proyek selanjutnya dari Crown Group.

"Eastlakes terletak di kawasan suburb timur, sekitar enam kilometer dari CBD Sydney, Bandar udara domestik dan pantai Coogee. Meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney. Hanya tiga menit menuju Alexandria, enam menit ke Surry Hills, delapan menit ke Redfern, pusat kota sekitar 10 hingga 11 menit, pantai Coogee 10 menit, pantai Maroubra 12 menit, La Paraouse 17 menit, Bandar udara domestik enam menit dan Bandar udara internasional 11 menit," paparnya.

Demografis Eastlakes juga, lanjutnya, sangat menarik karena 46 persen dari total populasi terdiri dari usia produktif yaitu 20 hingga 34 tahun. Sehingga tingkat populasi sewanya mencapai 47 persen atau lebih tinggi dibandingkan tingkat sewa rata-rata di negara bagian NSW yang berkisar 28 persen.

"Hal ini dapat terlihat dari peningkatan biaya sewa di Eastlakes selama lima tahun terakhir yang mencapai 21 persen atau rata-rata 4 persen per tahun dengan tingkat kekosongan sewa yang mencapai 1,5 persen. Kondisi demografis tersebut juga memberi gambaran bahwa kebutuhan akan apartemen juga kuat di kawasan Eastlakes," beber dia.

Setelah mendapatkan lokasi, lalu pertanyaan muncul lainnya adalah kapan waktu terbaik untuk berinvestasi? Kata dia, adalah sepuluh tahun yang lalu. Kemudian kapan waktu terbaik kedua untuk berinvestasi properti? Jawaban Iwan adalah sekarang.

(ES/AA)
  1. Bisnis
  2. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA