1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Masalah Banjir, Oded Tunggu Inisiatif Pemprov Jabar Bahas Cekungan Bandung

"Kita perlu evaluasi setelah kita punya kolam retensi tapi kalau masih ada banjir seperti itu kita perlu evaluasi dengan dinas terkait".

Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial. ©2019 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Senin, 14 Januari 2019 17:52

Merdeka.com, Bandung - Hujan deras yang melanda wilayah Bandung pada Minggu (14/1) kemarin membuat sejumlah wilayah kembali disergap banjir. Salah satu lokasi yang dilanda banjir yakni di kawasan Jalan Bima.

Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial mengatakan, akan melakukan evaluasi terkait masih terjadinya banjir. Apalagi di kawasan tersebut telah dibangun kolam retensi yang berlokasi di Sirnaraga.

"Kita perlu evaluasi setelah kita punya kolam retensi tapi kalau masih ada banjir seperti itu kita perlu evaluasi dengan dinas terkait. Nanti saya instruksikan kepada Dinas PU untuk ngecek ke lapangan karena boleh jadi banjir ini di Bandung sesungguhnya merupakan persoakan akumulatif yang dilakukan oleh warga Bandung termasuk Bandung Utara juga," ujar Oded kepada wartawan di Pendopo, Senin (14/1).

Oded tak menampik jika banjir yang terjadi di Kota Bandung turut disumbang dari air kiriman dari wilayah Bandung Utara. Air dengan intensitas tinggi masuk ke sungai-sungai dan kemudian melimpas ke pemukiman warga.

"Secara akumulatif (disebabkan) Bandung Utaranya, karena kebutuhan warga, hajat masyarakatnya, dan kita pun agak susah juga, karena kalau milik pribadi juga kita sudah memberikan batasan dengan perda 80:20 persen tapi kalau 20 persen dibangun terus juga resapan air disana ngecil . Kemudian kan turun ke bawah nah ini akumulatif," kata dia.

Oded pun mengaku menunggu rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan membentuk unit kerja pemerintah regional bernama Pemerintah Cekungan Bandung. Seperti diketahui, Pemerintahan khusus yang dibentuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini akan dibentuk untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan di daerah cekungan Bandung.

"Ya prinspinya gini kalau bicara cekungan Bandung, harusnya ada koordinasilah antara pemkot, pemkab di Bandung raya. Kalau dulu saya sempat beberapa kali diundang oleh provinsi untuk berbicara tentang cekungan Bandung Raya itu oleh Pak Wagub Deddy Mizwar. Saya berharap sekarang kebetulan dari provinsi juga ada inisiatif kembali untuk mengundang berbicara rapat koordinasi tentang cekungan Bandung Raya ini,"katanya.

(ES/DR)
  1. Banjir
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA