1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Lantik 6 kepala daerah di Jawa Barat, Ridwan Kamil: Integritas harga mati

"Kami berharap lima tahun ke depan tidak ada lagi kepala daerah yang berurusan dengan urusan hukum".

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 20 September 2018 13:04

Merdeka.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi melantik enam kepala daerah hasil pilkada serentak 2018 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (20/9). Enam kepala daerah yang dilantik yakni wali kota dan wakil wali Kota Bandung, wali kota dan wakil wali kota Bekasi, wali kota dan wakil wali kota Sukabumi, bupati dan wakil bupati Bandung Barat, bupati dan wakil bupati Purwakarta, dan bupati serta wakil bupati Sumedang. Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh mantan wali kota Bandung tersebut.

"Pada hari ini, Kamis 20 September 2018 saya Gubernur Jabar atas nama Presiden RI dengan ini melantik saudara-saudara sebagai Bupati dan Wali Kota serta Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota hasil pemilihan kepala daerah provinsi Jabar tahun 2018. Tahun jabatan 2018-2023," ujar pria yang akrab disapa Emil tersebut

Seusai prosesi pelantikan, Emil kemudian menyampaikan pidatonya. Dalam pidatonya, Emil menyampaikan pesan kepada para kepala daerah terpilih di Jawa Barat tersebut. Salah satu pesan yang ditekankan yakni agar kepala daerah selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya.

"Kami berharap lima tahun ke depan tidak ada lagi kepala daerah yang berurusan dengan urusan hukum. Saya sebagai gubernur akan mengingatkan semua untuk menjaga diri dari hal-hal yang menjerumuskan. Integritas adalah harga mati. Nilai-nillai yang harus dijaga, karena kekuasaan yang diberikan oleh Allah SWT," ujar Emil.

Emil pun meminta kepada kepala daerah terpilih untuk menjadi pemimpin yang melayani rakyat bukan dilayani oleh rakyat. Tak hanya itu, dia pun menekankan aspek profesialisme jajaran pemerintahan kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk ditingkatkan.

"Zaman sudah berubah, Provinsi Jabar sudah divisikan jadi provinsi digital di Indonesia. Gunakan teknologi dengan profesional, kemudian peningkatan kualitas SDM, sehingga pelayanan meningkat," katanya.

Emil pun menitipkan pesan kepada para kepala daerah untuk menjaga semangat dari pimpinan sampai aparat-aparat ke bawah dengan melayani semangat sepenuh hati. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terus mengalami peningkatan.

"Tiga pesan itu yang akan membawa Bapa, Ibu wali kota, bupati jadi pemimpin yang teladan dan dicintai oleh rakyat," ungkapnya.

Prosesi pelantikan berlangsung dengan khidmat. Selain dihadiri oleh keluarga, para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta sejumlah tokoh Jawa Barat juga turut hadir pada acara pelantikan ini. Tampak hadir Gubernur Jawa Barat periode 2003-2008 Danny Setiawan, Gubernur Jawa Barat periode 2008-2018 Ahmad Heryawan serta mantan Pj Gubernur Jawa Barat M Iriawan.

Usai pelantikan, para kepala daerah beserta gubernur langsung menuju Gedung Sate. Mereka menumpangi delman hias yang telah disiapkan. Sedangkan tamu undangan lainnya naik Bandros (Bandung Tour on Bus). Adapun untuk rute arak-arakan para kepala daerah tersebut antara lain Gedung Merdeka menuju Jalan Cikapundung, lalu ke jalan Braga, Viaduct, Jalan Wastukancana, Jalan Riau, Jalan Dago, Jalan Diponegoro dan berakhir di Gedung Sate.

(ES/DR)
  1. Pelantikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA