1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Bertemu Mang Ihin, Ridwan Kamil dapat dukungan maju Pilgub Jabar

"Jadi kami sudah lama menyatakan mendukung RK (Ridwan Kamil) jadi calon gubernur," ujar Mang Ihin.

Ridwan Kamil bertemun Solihin GP atau Mang Ihin. ©2016 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Jum'at, 21 April 2017 17:18

Merdeka.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan telah mendapatkan dukungan politik dari sesepuh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau yang lebih dikenal dengan nama Solihin GP atau Mang Ihin.

Hal itu diungkapkan Ridwan usai menggelar pertemuan di Kantor Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) Jalan LL.RE Martadinata, Jumat (21/4). "Alhamdulillah ada dukungan support politik dari Pak Solihin GP," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengungkapkan, Solihin GP menitipkan pesan kepada dirinya agar selalu mengedepankan pemerintahan bersih dan profesional jika nantinya terpilih sebagai Gubernur Jabar.

"Pak Solihin GP menitipkan agar selalu mengedepankan clean dan capable goverment, yaitu membangun pemerintahan yang bersih dan profesional karena permasalahan di Jabar di masa depan kompleks," katanya.

Emil pun menyebut dirinya telah menerapkan prinsip pemerintahan bersih dan profesional di Kota Bandung. Hal ini, kata dia, nampak dari banyaknya perubahan yang terjadi sejak dirinya memimpin Kota Bandung.

Buktinya Kota Bandung banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah pusat.

"Saya menyampaikan situasi terakhir khususnya update Kota Bandung clean and goverment. Dari Ombudsman dapat raport hijau, dari Kemenpan dapat raport A. Kemudian Selasa, Minggu depan saya mendapatkan penghargaan dari Presiden terkait kepatuhan penyelenggaraan pemerintah Kota Bandung masuk dalam lima besar nasional setelah belasan tahun," kata Emil.

"Jadi satu level lagi reformasi birokrasi kita juara. Jadi Alhamdulillah di Bandung sudah banyak perubahan, PR masih banyak, kita berproses," kata Emil melanjutkan.

Sementara itu, Solihin GP menyatakan dukungannya untuk Ridwan Kamil dalam pencalonan menuju kursi Jabar 1. Pria yang akrab disapa Mang Ihin ini menilai sosok Ridwan Kamil layak untuk memimpin Jawa Barat.

"Jadi kami sudah lama menyatakan mendukung RK (Ridwan Kamil) jadi calon gubernur," ujar Mang Ihin kepada wartawan saat ditemui di kantor DPKLTS.

Mang Ihin menegaskan sudah sejak lama mendukung Ridwan Kamil. Bahkan saat Ridwan Kamil maju sebagai calon wali kota dalam Pilwalkot Bandung 2013 lalu, dia juga sebagai pihak pertama yang menyatakan dukungan untuk Emil.

"Kami kenal RK (Ridwan Kamil) waktu dulu. Jadi dia mau mencalonkan diri untuk wali kota kan yang mendukung pertama pendukung utamanya DPKLTS. Saya sampai pidato di podium waktu itu. Dia jadi wali kota Bandung, jadi kita mah sudah kenal dia," katanya.

Mang Ihin yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat DPKLTS ini menilai Ridwan Kamil memiliki kapasitas untuk membawa perubahan terutama dalam aspek pembangunan wilayah. Selain itu, Ridwan Kamil dinilai sebagai sosok pejabat bersih.

"Kami yakin bahwa dia (Ridwan Kamil) itu tidak akan jadi koruptor. Memang tidak sempurna manusia itu, yang sempurna mah Allah aja," katanya.

Namun demikian, kata Mang Ihin, Ridwan Kamil pun masih ada sejumlah kekurangan. Salah satunya terkait masalah lingkungan hidup.

"Dia (Ridwan Kamil) itu bisa diandalkan untuk menangani pembangunan, pemeliharaan daerah perkotaan. Tapi untuk daerah pedesaan seperti masalah pemeliharaan hutan harus didampingi oleh orang lebih pengalaman," ujarnya.

(MT/DR)
  1. Politik
  2. Pilkada Serentak
  3. Pilkada Jabar
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA