1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Kota Bandung segera punya rumah sakit khusus warga miskin

"Alhamdulillah bersepakat akan mengkonversi (gedung) menjadi rumah sakit dengan fokus menengah bawah," kata Ridwan Kamil.

Ilustrasi rumah sakit. ©2016 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Rabu, 14 Juni 2017 13:18

Merdeka.com, Bandung - Kota Bandung segera memiliki rumah sakit khusus yang diperuntukkan bagi warga miskin. Gedung Mayapada yang berada di Jalan Sudirman akan ditata ulang menjadi rumah sakit bernama Mayapada Hospital Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pemkot berhasil melobi pemilik gedung yang merupakan milik pengusaha Tahir untuk mengubahnya menjadi rumah sakit yang fokus melayani warga tidak mampu.

"Alhamdulillah bersepakat akan mengkonversi (gedung) menjadi rumah sakit dengan fokus menengah bawah. Difasilitasi oleh BPJS, kalau orang miskin kan BPJS-nya dibayarin Pemkot," ujar Ridwan kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Pria yang akrab disapa Emil ini menyebut, gedung yang memiliki 14 lantai tersebut selama ini dibiarkan menganggur. Rencananya setelah menjadi rumah sakit akan memiliki fasilitas canggih dan modern.

"Sekarang Bank Mayapada cuma satu lantai doang, jadi ada 14 lantai. Swasta kadang-kadang cuek menengah ke bawah, karena profit oriented. Jadi pemiliknya merupakan orang sosial tinggi, ya kebetulan ketemu orang baik ketemu bangunan nganggur. Dana seratus persen mereka, saya cuma mengarahkan saja," katanya.

Menurut Emil, pihak Mayapada sendiri meminta waktu untuk melakukan renovasi. Rencananya bangunan tersebut akan siap digunakan pertengahan 2018 mendatang.

"Mereka bilang beri waktu 9 bulan untuk merenovasi kantor menjadi ruang rawat inap, emergency, klinik dan lain sebagainya. Janjinya bulan Juni-Juli 2018 bisa dimanfaatkan Mayapada Hospital Bandung," katanya.

(MT/DR)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA