1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Kota Bandung dan dua kota Malaysia jajaki kerjasama bisnis

Dengan adanya pertemuan ini dapat semakin mempererat kerjasama antara Kadin Kota Bandung dengan dewan perniagaaan Penang dan Kedah.

©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Jum'at, 26 Oktober 2018 14:21

Merdeka.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung menjajaki kerjasama dengan Pulau Penang dan Kedah, Malaysia. Salah satu bidang yang akan dikerjasamakan yakni terkait bisnis perdagangan.

Hal itu terungkap saat Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial melakukan pertemuan dengan Pengusaha Malaysia bersama pengusaha Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (26/10). "Ini kerja sama antara Penang dan Kedah dengan Kota Bandung dalam rangka bisnis perdagangan. Karena saya lihat yang datang tadi dewan perniagaan Penang dan Kedah. Kami pun sama hadir ketua Kadin. Jadi memang kerja sama kita bangun dari sisi perdagangan maka meeting bisnis hari ini adalah awal kerja sama dengan mereka," ujar Oded kepada wartawan.

Oded mengatakan, dengan adanya pertemuan ini dapat semakin mempererat kerjasama antara Kadin Kota Bandung dengan dewan perniagaaan Penang dan Kedah. Terutama dari segi ekspor dan impor dari kedua wilayah.


Menurut Oded banyak hal yang bisa dikerjasamakan. Untuk kota Bandung sendiri memiliki produk unggulan, mulai dari makanan, sampai fashion yang diminati oleh warga Malaysia. Sementara Penang yang dikunjungi medical turis sebanyak 1.300 orang per hari, saat ini masih kekurangan hotel dan membuka peluang bagi pengusaha dari Bandung yang hendak berinvestasi.

"Mereka juga menawarkan pada kita bahwa di Penang itu sekarang mereka punya turis medical turis per hari sampai 1300 dari luar negeri mereka. Mereka menyampaikan di sana masih kurang hotel di sana, makanya kalau ada yang mau invest di sana mereka sangat senang sekali. Tadi juga mereka sangat tertarik dengan fashion di Bandung, karena Bandung kota kreatif fashionnya bagus-bagus. Jadi banyak hal yang bisa kita kerja samakan," katanya.

Apalagi keberadaan rute penerbangan langsung Bandung-Penang, menurut Oded, sangat membantu mobilitas orang yang hendak melakukan perjalanan bisnis di antara kedua kota. Maka tidak heran kalau kemudian produk Kota Bandung populer di Malaysia.

"Banyak orang Malaysia yang sering berbelanja ke Pasar Baru," ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Konsulat Jenderal RI Penang, Iwanshah Wibisono menjelaskan, Bandung terkenal sebagai tempat factory outlet dan produk kreatif. Maka pertemuan hari ini dimanfaatkan untuk melihat peluang kerja sama usaha.

"Kami ke sini bersama Dewan Perniagaan atau asosiasi pengusaha dengan ragam jenis bisnis. Kami harap pertemuan ini dapat membuka peluang kerja sama ke depannya," tuturnya.

(MH/DR)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA