1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Kontes Kopi Specialty Indonesia Kembali Digelar, Ini Syaratnya

"Untuk tahun ini akan di gelar di kota kembang Bandung tepatnya di Gedong Sabilulungan, Soreang ,Bandung".

KKSI. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 11 Oktober 2019 19:17

Merdeka.com, Bandung - Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) kembali diselenggarakan. Untuk kali ke 11, kontes tersebut hadit untuk memantapkan dan mengembangkan produksi kopi spesialiti.


Acara tahunan yang di gelar oleh AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia) ini bekerjasama dengan PT

Santos Jaya Abadi (Kapal Api), PT Excelso Multirasa, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia serta BPD AEKI DKI Jaya dan atas prakarsa Bpk. Pranoto Soenarto menyelenggarakan Kontes Kopi Specialty Indonesia 2008.

 

Pewakilan dari PT Langit Biru Maharaya selaku penyelenggara, Adep Husni mengatakan, ini merupakan acara yang pertama di Indonesia dan telah menjadi acara tahunan (Annual Event).

 

"Untuk tahun ini akan di gelar di kota kembang Bandung tepatnya di Gedong Sabilulungan, Soreang ,Bandung. Juga akan digelar pencananangan The 1st Indonesia Specialty Coffee Contest di tandatangani oleh Menteri Perindustrian RI, Bapak Fahmi Idris,” jelas Adep dari siaran berita yang diterima Merdeka Bandung.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan dari acara KKSI ini di antaranya adalah sebagai inventarisasi karakteristik mutu fisik dan citarasa kopi spesialti dari seluruh Indonesia, dan memilih kopi spesialti dari seluruh Indonesia hasil panen tahun kontes yang memiliki mutu fisik dan citarasa terbaik.

 

“untuk mengikuti kompetisi ini cara nya mudah. Yakni, para peserta bisa berasal dari perorangan, kelompok tani, koperasi,perusahaan, dinas pemerintah, lembaga penelitian, coffee shop, eksportir kopi dan lain-lain,” jelasnya.

 

Adapun Proses seleksi dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap awal yang di lakukan oleh PPKKI di jember yaitu peserta mengirimkan sample kopi,dan dari seleksi awal akan diambil 15 kopi terbaik dengan urutan score tertinggi, dan untuk yang terpilih akan di sampaikan melalui social media baik Instagram dan facebook.

 

Kedua, seleksi tahap akhir (Final) yang akan di lakukan di Gedong Sabilulungan Bandung pada tanggal 19 Oktober 2019. Yaitu dari 15 peserta yang sudah terpilih akan diberikan hadiah berdasarkan masing-masing kelompok arabika, Robusta dan natural dimana akan mendapatkan hadiah uang jutaan rupiah.

 

(ES/AA)
  1. Kopi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA