1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Jaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi dengan Rutin Konsumsi Imunmodulator

"Imunomodulator bekerja dengan menstimulasi mekanisme pertahanan spesifik (satu jenis antigen) dan non-spesifik (berbagai macam antigen)".

dr. Inggrid Tania. ©2020 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 28 Oktober 2020 09:11

Merdeka.com, Bandung - Di masa pandemi virus corona, tentunya menjaga stamina tubuh tetap baik adalah hal yang wajib dilakukan. Selain menjalankan pola hidup sehat, dan menaati protokol kesehatan, mengonsumsi imunomodulator secara rutin juga bisa dilakukan.

Soalnya, imunomodulator merupakan zat yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh secara optimal dari infeksi atau mikroorganisme seperti virus, bakteri atau parasit.

Imunomodulator sendiri berbahan alami dapat diperoleh dari tanaman herbal asli Indonesia, seperti meniran, daun kelor, dan kunyit. Tentunya tanaman herbal tersebut terbilang mudah ditemui.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania menjelaskan, imunomodulator adalah zat yang berfungsi untuk memodifikasi respon imun terhadap antigen dari dalam tubuh maupun luar tubuh atau benda asing yang mengancam kesehatan.

"Imunomodulator bekerja dengan menstimulasi mekanisme pertahanan spesifik (satu jenis antigen) dan non-spesifik (berbagai macam antigen). Selain itu, imunomodulator juga berperan sebagai imunostimulan, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh," jelas Inggris saat melakukan jumpa wartawan secara daring, Selasa (27/10).

"Konsumsi imunomodulator untuk tingkatkan daya tahan tubuh sangat penting, terlebih saat ini masyarakat sedang menghadapi ancaman virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19," sambungnya.

Sementara itu dalam acara yang sama, PT Deltomed Laboratories yang merupakan produsen obat herbal meluncurkan sebuah produk herbal imunomodulator bernama Imugard.

Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo mengatakan, kehadiran Imugard merupakan bentuk komitmen Deltomed dalam mendukung kesehatan masyarakat agar daya tahan tubuh masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 tetap terpelihara dan dapat meningkat.

"Imugard mengandung 100 persen ekstrak meniran, daun kelor, dan kunyit yang khasiatnya tidak diragukan lagi. Imugard juga telah disetujui dan mendapatkan Izin Edar dari Badan POM RI," jelas Victor.

"Berbeda dengan produk herbal lainnya, Imugard mengandung zat imunomodulator yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh. Dengan imunitas yang baik, maka tubuh dapat melawan berbagai virus, bakteri dan parasit penyebab penyakit," pungkasnya.

(ES/AA)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA