1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Industri musik harus jadi penggerak ekonomi kreatif di Bandung

Gitar asli buatan Bandung menjadi kebanggaan karena secara kualitas dapat bersaing dengan produk lainnya.

Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat (Ruli). ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 08 Maret 2018 10:21

Merdeka.com, Bandung - Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) mengunjungi pabrik gitar Genta, di Ujung Berung Bandung, Jawa Barat Rabu (7/3). Ruli mengaku takjub dengan perkembangan industri alat musik buatan warga Bandung, sebab mendapat apresiasi di luar negeri karena kualitasnya.

"Pabrik gitar yang sudah melegenda di dunia sejak didirikan keluarganya Kang Suar Pure Saturday sejak 1959. Tadinya di Jalan Lele sekarang pindah ke Ujung Berung dari tahun 90-an. Ada gitar merek faith di Inggris sangat terkenal bahkan award 5 kali 'the best guitar accoustic' ,"ujar Ruli kepada awak media.

Menurut Ruli, selain dibuat oleh warga Bandung, hal membanggakan lainnya yakni hampir 80 persen dari komponen produk gitar yang dibuat menggunakan kandungannya lokal. Gitar asli buatan Bandung ini menjadi kebanggaan karena secara kualitas dapat bersaing dengan produk lainnya.

"Dan temen-temen genta ingin memperjuangkan di dalam negeri agar bisa bersaing dengan merek impor. Ini harus didukung di luar negeri dapat apresiasi sangat baik dan kenapa tidak di dalam negeri," kata dia.

Ruli mengaku ingin menjadikan Bandung sebagai kota musik. Menggeliatnya industri musik di Bandung menjadi salah satu penggerak ekonomi kreatif di Kota Bandung.

"Jika kita terpilih Bandung pengen jadi kota musik. Jadi wisatawan dateng ke kantong-kantong musik, sentra musik. Di sudut kota Bandung banyak space ruang terbuka yang disuport oleh pemerintah, alat disupport pemerintah, walaupun dititip ke kelurahan ada tempat berapresiasi anak yang sedang main musik. Kami ingin masyarakat memilih budaya untuk bermusik," ucap Ruli.

Ruli mengungkapkan, Bandung memiliki potensi yang cukup besar sebagai kota musik. Apalagi Bandung banyak melahirkan musisi-musisi handal yang telah berkiprah di tingkat nasional hingga internasional.

"Bandung potensi sekali sebagai kota musik. Saya juga sudah menjanjikan kita akan buat meseum digital sejarah musik Indonesia. Dan musik Indonesia banyak disumbangkan pergerakan sejarahnya banyak orang bandung lahir dan berkiprah di kancah nasional dan internasional, mereka harus dihargai dan diapresiasi kalau tidak penghargaan ya minimal kita catatan dengan sejarah," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Genta Agung Nasution mengatakan, pemerintah memiliki peran sentral untuk mengajak warganya agar lebih mencintai produk lokal. Dengan begitu industri musik di Bandung akan semakin berkembang.

"Kita ada harapan dengan calon wali kota dengan bandung ke depan bisa mengejak kembali, mulai Bandung dulu, cintailah produk kebanggaan kita. Sehingga kita bisa memperluas produk kita, jangan sampai terdahului negara lain. Bandung punya kebanggaan banyak disamping sepak bolanya, olahraganya tetapi musiknya juga," katanya.

 

(ES/DR)
  1. Politik
  2. Pilkada Bandung
  3. Pilwalkot Bandung
  4. Kampanye
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA